Dosen dan mahasiswa Sastra Jepang UBH gelar pelatihan bagi pelajar SMA di Padang

id Padang,UBH,Sastra Jepang,Sumbar

Dosen dan mahasiswa Sastra Jepang UBH gelar pelatihan bagi pelajar SMA di Padang

Ketua tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Sastra Jepang UBH Padang, Prof Diana Kartika memberikan materi penulisan karya ilmiah kepada pelajar SMA 5 Padang (ANTARA/HO Dokumen Diana Kartika)

Padang (ANTARA) - Dosen dan Mahasiswa Sastra Jepang Universitas Bung Hatta (UBH) Kota Padang, Sumatera Barat menggelar pelatihan karya tulis ilmiah tentang Jepang kepada puluhan pelajar SMA 5 Padang, Rabu.

Ketua tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Sastra Jepang UBH Padang, Prof Diana Kartika di Padang, Rabu mengatakan pelatihan ini merupakan bagian dari pelaksanaan kegiatan Tri Dharma perguruan tinggi dosen dan mahasiswa kampus Proklamator tersebut kepada masyarakat.

"Pelatihan ini juga mengupas mengenai tiga materi yang harus dipersiapkan untuk menghadapi kompetisi karya tulis ilmiah yaitu materi mengenai Penulisan Karya Ilmiah, Komunikasi dan Konten Kreatif yang sebagai bekal pelajar ini untuk memasuki kehidupan kampus ke depan yang serba digital," kata dia.

Ia menyampaikan Karya Tulis Ilmiah dapat menjadi media bagi pelajar untuk meningkatkan kualitas penulisan di tingkat sekolah. Pelajar dapat menemukan ide kreatif dan inovatif dari permasalahan dan fenomena yang ada di tengah masyarakat.

Karya Tulis Ilmiah menjadi salah satu objek perlombaan yang dikompetisikan bagi pelajar SMA/SMK sederajat. Penulisan Karya Tulis Ilmiah menjadi salah satu keterampilan yang harus diasah oleh pelajar dan tidak semua kalangan di sekolah terampil dan memahami ketentuan penulisan karya tulis ilmiah.

“Dengan penulisan Karya Tulis Ilmiah, pelajar dapat menuangkan ide dan gagasan yang dimiliki secara tulisan sehingga pelajar mempunyai rasa keingintahuan yang tinggi, kemampuan berpikir yang luwes, dan meningkatkan keterampilan literasi,” sebut guru besar bidang pendidikan ini.

Prof Diana Kartika berharap dengan menulis karya tulis ilmiah ini dapat menjadi kegiatan yang perlu dilatih secara terus menerus. Pelajar diharapkan dapat mengikuti berbagai lomba karya tulis ilmiah untuk mengetahui dan menggali potensi yang dimiliki dalam menulis karya tulis ilmiah.

“Pelatihan serupa ini juga dapat dilakukan secara reguler oleh sekolah terhadap siswa dalam menulis karya tulis ilmiah dan sekolah perlu mendukung dan memfasilitasi siswa yang akan mengikuti lomba karya tulis ilmiah,” kata dia.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMAN 5 Padang Azwarman mengucapkan terima kasih kepada dosen dan mahasiswa Sastra Jepang Universitas Bung Hatta yang menjadikan SMAN 5 Padang lokasi pelaksanaan kegiatan pelatihan ini.

Ia mengatakan SMAN 5 Padang juga memiliki perhatian yang serius mengenai literasi.

“Semoga kegiatan ini tidak hanya sampai dengan pelatihan ini saja, ada lagi kegiatan lanjutan dengan tema pelatihan yang berbeda, terlebih mengenai bidang Kejepangan yang banyak diminati oleh berbagai kalangan termasuk pelajar di SMAN 5 Padang,” kata dia.

Kegiatan pelatihan yang bertempat di Gedung Perpustakaan SMAN 5 Padang ini diikuti oleh 53 peserta yang terdiri dari guru mata pelajaran dan pelajar yang tergabung dari kelompok karya tulis ilmiah dan pelajar yang menggeluti di bidang literasi dan konten kreatif.

Materi Karya Tulis Ilmiah disampaikan oleh Prof. Dr. Dra. Diana Kartika, materi mengenai Konten Kreatif oleh Bayu Haryanto, S.T dan materi mengenai Komunikasi atau public speaking oleh Profesional Public Speaking Nina Musbar.

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang diketuai oleh Prof Diana Kartika dengan anggota Syahrial, S.S., M.Hum dan Eduardus Agusli, S.S., M.Si. yang melibatkan dua mahasiswa program Studi Sastra Jepang Universitas Bung Hatta yaitu Jelita Maharani dan Fidiah Elfi Yosi.