Tambua tansa-tari piring iringi pendaftaran Bacaleg PPP Agam (Video)

id tambua tansa,tari piring,PPP Agam,Bacaleg agam,Berita agam,Pemilu 2024

Tambua tansa-tari piring iringi pendaftaran Bacaleg PPP Agam (Video)

Pengurus DPC PPP Agam diiringi tambua tansa dan tari piring sedang menuju kantor KPU setempat, Minggu (14/5). Antara/Yusrizal

Lubukbasung (ANTARA) - Kesenian tambua tansa dan tari piring mengiringi pendaftaran bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kabupaten Agam, Sumatera Barat ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat, Minggu (14/5).

Kesenian tambua tansa dan tari piring dari Group Tambua Tansa Melati Nusa Labuah Pacah, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubukbasung itu mengiringi dari Kantor DPC PPP Agam ke Kantor KPU menggunakan puluhan kendaraan roda empat.

"Kami sengaja membawa tambua tansa dan tari piring saat pendaftaran. Ini merupakan ide dari salah satu Bacaleg PPP dan seluruh biaya atau pengurusan ia yang mengurus," kata Ketua DPC PPP Agam, Gema Syahputra di Lubukbasung, Minggu.

Ia mengatakan, DPC PPP Agam mengajukan pendaftaran Bacaleg sebanyak 45 orang dari enam daerah pemilihan.

Bacaleg tersebur berasal dari pengurus, tokoh masyarakat, TNI, Polri, wali nagari, pengusaha dan lainnya.

"Semua komponen kita libatkan untuk menyatukan dalam mencapai target perolehan tujuh kursi atau pemenang pada Pemilu di Agam," katanya.

Ia mengakui, saat ini PPP Agam mendapatkan lima kursi di DPRD Agam pada Pemilu 2019.

Lima kursi tersebut berasal dari Dapil 1, Dapil 2, Dapil 4, Dapil 5 dan Dapil 6. Pada Pemilu 2024, mendaptkan kursi di enam Dapil dan Dapil 1 atau Dapil 4 berpotensi mendapatkan dua kursi.

Sementara Ketua KPU Agam, Riko Antoni menambahkan status berkas yang diajukan PPP diterima.

"PPP merupakan partai ke 10 yang mendaftarkan Bacaleg ke KPU Agam dan masih tinggal delapan partai politik," katanya.