Dishub: Puncak arus balik di Pasaman Barat diperkirakan Senin

id arus balik di Pasaman Barat,Berita pasbar,Berita sumbar

Dishub: Puncak arus balik di Pasaman Barat diperkirakan Senin

Aktifitas terminal Simpang Empat Kabupaten Pasaman Barat masih sepi saat arus balik libur Lebaran 2023, Sabtu. (Antara/Altas Maulana).

Simpang Empat (ANTARA) - Dinas Perhubungan Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat memperkirakan puncak arus balik Lebaran 2023 di daerah itu akan terjadi pada Senin (1/5).

"Saat ini aktifitas di Terminal Simpang Empat belum terlalu ramai. Kita perkirakan puncaknya Senin besok," kata Kepala Bidang Lalu Lintas Angkutan Jalan Dinas Perhubungan Pasaman Barat Ade Putra di Simpang Empat, Sabtu.

Ia mengatakan biasanya aktifitas terminal Simpang Empat selalu ramai baik saat mudik maupun arus balik

Selain tujuan penumpang ke kabupaten/ kota dalam Sumbar juga banyak menuju Medan Sumatera Utara dan Pekanbaru Riau.

Perusahaan otobus (PO) ALS hari ini mengangkut penumpang ke luar Pasaman Barat sebanyak dua unit dan bus yang sama hari ini telah menambah dua unit bus sehingga keberangkatan setiap hari dua unit dan tiba dua unit. Biasanya hanya satu unit.

Sementara itu aktifitas PO lainnya terus meningkat baik yang keluar Pasaman Barat maupun yang masuk ke Pasaman Barat.

Pihaknya memperkirakan arus balik lebaran akan terjadi pada Senin( 1/5).

Selain jumlah keberangkatan angkutan umum meningkat, kendaraan pribadi nomor polisi dari luar daerah yang mulai menuju ke luar Pasaman Barat.

Menurutnya jalan lintas Pasaman Barat sebenarnya setiap tahun tidak terlalu ramai pemudik dibandingkan jalur lintas lainnya seperti Padang-Bukittinggi.

Ia menyebutkan pada umumnya para pemudik dalam provinsi pulang kampung menggunakan sepeda motor. Menempuh jalur Manggopoh-Simpang Empat.

Ia menambahkan pihaknya bersama unsur terkait lainnya juga tergabung dalam posko keamanan dan pelayanan wilayah tersebut untuk pengamanan perayaan Idul Fitri 1444 Hijriah.

"Selain memantau arus balik, kita juga menyiagakan personil di sejumlah objek wisata yang ramai dikunjungi warga," katanya.