DPR RI paparkan capaian kinerja bidang legislasi

id Sufmi Dasco, dpr ri, masa sidang, capaian kinerja dpr

DPR RI paparkan capaian kinerja bidang legislasi

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad Rapat Paripurna DPR RI Ke-21 Masa Persidangan IV Tahun Sidang 2022-2023, di Jakarta, Kamis (13/4/2023). (ANTARA/Melalusa Susthira K.)

Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad memaparkan capaian kinerja di bidang legislasi dalam menyepakati 11 rancangan undang-undang (RUU) untuk disahkan menjadi undang-undang selama Masa Persidangan IV Tahun Sidang 2022-2023.

Hal tersebut disampaikan Sufmi Dasco Ahmad saat membacakan pidato Ketua DPR RI Puan Maharani pada Rapat Paripurna DPR RI Ke-21 Masa Persidangan IV Tahun Sidang 2022-2023, di Jakarta, Kamis.

“Dua di antaranya adalah penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang Undang (Perpu) Nomor 2 Tahun 2022 tentang cipta kerja dan Perpu Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu,” kata Dasco di ruang Rapat Paripurna di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta.

Selain itu, DPR RI telah menetapkan RUU tentang pelindungan pekerja rumah tangga (PPRT) menjadi usul inisiatif DPR RI, dan memastikan pembahasan RUU PPRT akan dilakukan secara komprehensif dan memperhatikan masukan serta aspirasi dari berbagai pihak.

“RUU ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan hukum nasional kita dan memberikan kepastian hukum bagi pekerja rumah tangga,” tuturnya.

Dia menambahkan bahwa DPR RI terus melakukan monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) agar dalam pelaksanaannya berjalan sesuai sasaran rencana kerja Pemerintah tahun 2023 yakni peningkatan produktivitas untuk transformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

“Realisasi anggaran hingga triwulan kesatu ini sudah berjalan cukup baik, namun masih terdapat beberapa catatan yang perlu menjadi perhatian pemerintah,” ucapnya.

Melalui alat kelengkapan dewan (AKD), kata dia, DPR juga terus memastikan dan mengingatkan pemerintah agar capaian program yang dilaksanakan tidak hanya berorientasi pada realisasi serapan anggaran, namun manfaatnya langsung dirasakan oleh rakyat.

Sementara dalam hal pengawasan, dia menyebut DPR melalui AKD telah melakukan berbagai rapat, khususnya terhadap isu-isu yang cukup menjadi sorotan, di antaranya stabilisasi harga dan distribusi kebutuhan bahan pokok, serta kesiapan menghadapi arus mudik lebaran tahun ini.

Kemudian, permasalahan pakaian bekas impor (thrifting), peningkatan produksi dan produktivitas komoditas pertanian, permasalahan pengelolaan jalan tol, hingga mitigasi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menghadapi potensi resesi ekonomi 2023.

"Rencana impor kereta rel listrik (KRL) bekas dari Jepang, penanganan dampak insiden Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Plumpang, serta mitigasi risiko kebakaran di kilang minyak dan TBBM," ucapnya.

Selain itu, ujarnya lagi, permasalahan soal percepatan pembentukan satuan tugas (Satgas) Illegal Mining, integrasi kebijakan penyediaan buku bacaan untuk literasi antarkementerian/lembaga, evaluasi reformasi birokrasi Kementerian Keuangan (Kemenkeu), serta permasalahan tindak pidana pencucian uang (TPPU).

Selain itu, DPR RI juga telah melaksanakan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) terhadap calon Gubernur Bank Indonesia (BI) periode 2023-2028, calon Hakim Agung dan Hakim ad hoc HAM pada Mahkamah Agung (MA) tahun 2022-2023, calon Dewan Pengawas (Dewas) LPP TVRI periode 2022-2027.

"Dan juga pemberian kewarganegaraan kepada tiga pemain sepak bola dan satu pemain basket," katanya.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: DPR paparkan kinerja Masa Persidangan IV Tahun Sidang 2022-2023.