Agam raih juara umum Homestay Festival Sumbar

id Homestay Festival Sumbar,homestay agam,sawahlunto

Agam raih juara umum Homestay Festival Sumbar

Peserta Homestay Festival Sumatera Barat asal Agam (ANTARA/HO-Humas Agam)

Lubukbasung, (ANTARA) - Kabupaten Agam berhasil meraih juara umum pada Homestay Festival Sumatera Barat yang digelar di Kota Sawahlunto pada 7-9 Maret 2023, setelah meraih empat juara dari empat lomba itu.

Ketua Homestay Kabupaten Agam, Admiralim Adas di Lubukbasung, Jumat, mengatakan Agam sukes meraih juara pada perlombaan dari tujuh kabupaten dan kota peserta.

“Kontingen Agam sukses memborong empat piala pada Homestay Festival Sumbar 2023. Alhasil, Agam menyabet trofi juara umum,” katanya.

Empat piala tersebut masing-masing juara dua memasak sarapan pagi dengan menu sop buntut dan juara dua membuat rendang dengan menu rendang pakis dan pensi.

Kemudian juara dua memasak dan menghidangkan nasi goreng dan juara tiga pada lomba paduan suara.

Atas prestasi yang diraih, ia memberi apresiasi tinggi kepada kontingen Agam yang telah berpartisipasi maksimal pada agenda tahunan Sumbar tersebut.

“Kita tentu bangga karena Agam turut berpartisipasi menyukseskan acara, bahkan berhasil naik podium di empat kategori lomba,” katanya.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Agam Syatria turut bangga atas prestasi yang diraih kontingen Agam.

"Momentum ini dapat menjadi titik kebangkitan homestay di Kabupaten Agam," katanya.

Dengan ragam kearifan lokal yang ada di Agam, ia berharap pengelola homestay dapat memaksimalkan pelayanan kepada pengunjung.

“Semoga prestasi ini menjadi acuan pengelola homestay di Agam untuk meningkatkan pelayanan dan ikut menjaga kearifan lokal dalam mendukung sektor kepariwisataan,” katanya.