Bukittinggi gelar lomba memasak rendang untuk gadih Minang

id rendang,festival rendang,jam gadang,bukittinggi

Bukittinggi gelar lomba memasak rendang untuk gadih Minang

Peserta lomba memasak Rendang bertajuk "Festival Gadih Marandang 2023" di Jam Gadang Bukittinggi, Sumatera Barat. (ANTARA/Al Fatah)

Bukittinggi (ANTARA) - Pemerintah Kota Bukittinggi, Sumatera Barat menggelar perlombaan memasak rendang dengan tajuk "Festival Gadih Minang Marandang 2023" di pelataran Jam Gadang, Kamis.

Plt. Kepala Dinas Pariwisata Bukittinggi, Aprilia Astuti di Bukittinggi, Kamis, mengatakan festival ini merupakan pengenalan cara memasak rendang kepada remaja putri di Kota Bukittinggi dan sekitarnya.

Event ini diikuti oleh 60 siswi dari utusan sekolah Kota Bukittinggi dan sekitarnya, khususnya SLTP dan SLTA.

Ia menyebut untuk tingkat SLTP mengirim dua tim, sedangkan tingkat SLTA mengirim satu tim dengan jumlah anggota dua orang per tim.

"Agar menanamkan rasa bangga pada generasi muda terhadap rendang sebagai kuliner daerahnya yang telah mendunia juga mengembangkan ekonomi kreatif Kota Bukittinggi khususnya sub sektor kuliner," katanya.

Hasil masakan rendang kemudian dinilai dewan juri yang berasal dari kalangan praktisi dan akademisi.

Selain itu, juga ada juri kehormatan, Ketua Dekranasda, Ketua GOW, Ketua DW, Kepala Dinas Pariwisata dan Ketua Bundo Kanduang Kota Bukittinggi.

Wakil Wali Kota Bukittinggi, Marfendi mengatakan "Festival Gadih Marandang 2023" ini bertujuan untuk melestarikan dan mewariskan masakan khas Minang kepada generasi muda.

Melestarikan rendang sebagai kuliner yang mendunia kepada generasi muda sehingga diharapkan generasi muda memiliki kemampuan untuk marandang.

“Ini juga menjadi salah satu upaya merealisasikan visi menjadikan Bukittinggi hebat berlandasakan Adat Basandi Syara’ Syara’ Basandi Kitabullah," katanya.

Dari festival ini, katanya generasi muda diajarkan untuk cinta masakan Sumatera Barat, sekaligus mempromosikan Kota Bukittinggi sebagai Kota Wisata Kuliner yang dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke daerah itu.

Ia menambahkan rendang telah diakui sebagai masakan paling enak di dunia, untuk itu generasi muda tentunya harus dapat melestarikan masakan ini.

“Potensi yang ada pada anak-anak kita hari ini harus dipertahankan dan ditingkatkan sehingga mereka menyadari potensi masakan kita jauh lebih baik dari daerah lain,” katanya.

Dari hasil penilaian juri, untuk tingkat SLTP juara pertama diraih oleh SMP 8 Bukittinggi, juara dua diraih oleh SMP 6 Bukittinggi dan Juara 3 diraih oleh MTsN 1 Bukittinggi.

Sementara untuk tingkat SLTA, juara pertama diraih oleh MAN 2 Bukittinggi, Juara dua diraih oleh SMAN 1 Bukittinggi dan Juara tiga diraih oleh SMAN 1 Tilatang Kamang, Agam.