Disdikbud Padang Panjang dorong guru PAUD dan TK pahami Kurikulum Merdeka

id disdikbud padang panjang,kurikulum merdeka,paud

Disdikbud Padang Panjang dorong guru PAUD dan TK pahami Kurikulum Merdeka

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Padang Panjang, M. Ali Tabrani usai membuka Workshop Pengembangan Kurikulum dan Bahan Ajar PAUD, Kamis (23/2/2023). (ANTARA/HO-Diskominfo Padang Panjang)

Padang Panjang, (ANTARA) - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Padang Panjang, Sumatera Barat mendorong guru PAUD dan TK di daerah itu mampu memahami Kurikulum Merdeka dengan baik dan mengimplementasikan kurikulum Merdeka Belajar dan Merdeka Mengajar.

Untuk itu, Disdikbud menggelar Workshop Pengembangan Kurikulum dan Bahan Ajar PAUD di Padang Panjang, Kamis.

"Kita berharap para guru bisa mengikuti workshop ini dengan baik. Setelah workshop ini, para guru bisa menyiapkan diri ketika sekolah-sekolah kita ditunjuk sebagai pelaksana Kurikulum Merdeka nantinya sesuai dengan ilmu yang didapatkan," kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Padang Panjang, M. Ali Tabrani di Padang Panjang, Kamis.

Dia mengatakan capaian pembelajaran akan memberikan arah yang sesuai dengan usia perkembangan anak pada semua aspek perkembangan yang ingin dikembangkan.

"Lingkup capaian pembelajaran kurikulum merdeka di satuan PAUD sesuai dengan Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, tentang capaian pembelajaran pada pendidikan anak usia dini, jenjang pendidikan dasar dan jenjang pendidikan menengah pada kurikulum merdeka," katanya.

Pembelajaran anak usia dini, katanya hendaknya berfokus pada stimulasi berbagai aspek perkembangan, agar mereka tumbuh dan berkembang dengan optimal.

"Oleh karena itu pembelajaran harus mengacu pada capaian pembelajaran," katanya.

Workshop Pengembangan Kurikulum dan Bahan Ajar PAUD berlangsung selama tiga hari yang diikuti 95 peserta dengan menghadirkan narasumber dari praktisi PAUD dan BBPMP Sumatera Barat.