Polri berangkatkan pasukan elit Brimob ikuti lomba UAE SWAT Challenge di Dubai

id Korps Brimob Polri, mabes polri, uae swat challeger, dankorps brimob, komjen anang revandoko

Polri berangkatkan pasukan elit Brimob ikuti lomba UAE SWAT Challenge di Dubai

Dankorp Brimob Komjen Pol. Anang Revandoko menyerahkan bendera Merah Putih kepada pimpinan Tim Brimob Polri yang mengikuti lomba UAE SWAT Challenger K-4 Dubai di Mako Brimob Polri, Depok, Jawa Barat, Senin (13-2-2023). ANTARA/Laily Rahmawaty

Jakarta, (ANTARA) - Polri memberangkatkan kembali pasukan elite Korp Brimob ke Al Raweyah, Dubai, Uni Emirat Arab untuk mengikuti lomba UAE SWAT Challange Ke-4 Tahun 2023 di Dubai.

Keberangkatan tim dilepas dengan upacara resmi dipimpin oleh Dankorp Brimob Komjen Pol. Anang Revandoko di Lapangan Mako Korps Brimob Polri, Kelapa Dua, Depok, Senin pada pukul 07.30 WIB.

"Saya berangkatkan 20 personel terbaik Brimob Polri untuk mengikuti lomba UAE SWAT Challange Ke-4 di Dubai, Uni Emirat Arab," kata Komjen Pol. Anang Revandoko saat melepas keberangkatan tim.

Tim ini mewakili bangsa Indonesia menjadi duta dalam perlombaan yang keempat kalinya. Untuk yang kedua kalinya, Korps Brimob ikut dalam perlombaan tersebut.

Keikutsertaan ini sebagai kehormatan bagi Korps Brimob Polri untuk mengukur kemampuan kepolisian Indonesia dengan kepolisian yang ada di dunia.

Dalam arahan singkatnya, Anang meminta jajarannya yang berangkat untuk menjaga kehormatan bangsa Indonesia serta nama baik Polri.

"Jaga dan junjung tinggi kehormatan bangsa dan negara serta Korps Brimob Polri," kata Anang.

Catatan terakhir, pada tahun 2019 Gegana Brimob Polri meraih peringkat 18 dari 49 peserta UAE SWAT Challenge di Dubai.

Terdapat sejumlah kelas lomba yang dipertandingkan dalam ajang tersebut, seperti assault event, obstacle course, tower event, officers rescue, hingga tactical event. Gegana Brimob fokus pada kelas assault event.

Assault event adalah salah satu babak perlombaan. Peserta harus menyelesaikan tantangan berupa operasi tempur jarak dekat atau close quarter battle (CQB) dan teknik breaching.

Dalam ajang ini, Gegana Brimob Polri menurunkan dua tim, yakni Tim Brimob A dan Tim Brimob B.

Tim Brimob A berhasil berada di peringkat 18 dari 49 peserta lomba, sedangkan Tim Brimob B di urutan ke-30.

Meski tidak masuk 10 besar, Tim Brimob A berhasil mengalahkan Tim RAID dari Prancis, pasukan khusus GROM dari Serbia, dan NYPD dari Amerika yang berada di urutan bawah.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Polri berangkatkan Tim Brimob ikuti UAE SWAT Challenge di Dubai