Wahyu Purnama A raih penghargaan dari KDEKS Sumbar

id Bank Nagari, DEKS,Ekonomi syariah

Wahyu Purnama A raih penghargaan dari KDEKS Sumbar

Managemen Eksekutif KDEKS Sumbar memberikan penghargaan kepada Wahyu Purnama A raih (empat dari kanan). (ANTARA/HO-Bank Nagari)

Padang (ANTARA) - Manajemen Eksekutif Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah Sumbar menyerahkan penghargaan tokoh penggerak ekonomi syariah kepada Wahyu Purnama. A yang merupakan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Barat.

Penghargaan yang diberikan merupakan bentuk apresiasi dari KDEKS Sumbar atas dedikasi dan kontribusi aktif yang telah dilakukan oleh Wahyu dalam menggerakkan Ghirah Ekonomi Syariah di Sumatera Barat.

Penghargaan ini sangat pantas diberikan kepada beliau, karena melalui beberapa kegiatan dan event yang dilaksanakan oleh Bank Indonesia, ekonomi syariah semakin mendapatkan tempat di hati masyarakat Sumatera Barat, kata Direktur Eksekutif KDEKS Sumbar Ahmad Wira.

Penyerahan berlangsung di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Barat, pada 27 Januari 2023.

Melalui kegiatan Festival Ekonomi Syariah Minangkabau (Fesmina 2021) yang dilaksanakan pada tanggal 3 Agustus 2021.

Bank Indonesia dan Pemprov Sumatera Barat meluncurkan "Gerakan Minangkabau Berwakaf" sebagai bentuk implementasi gerakan wakaf uang yang telah diluncurkan oleh Presiden RI, tentunya gerakan ini menjadi cikal bakal lahirnya beberapa Nazhir Wakaf yang produktif dan profesional di Sumbar.

Selain itu potensi perantau dan juga masyarakat minang yang mulai melirik instrument wakaf sebagai media atau sarana untuk membangun Sumatera Barat.

Pada ajang Fesmina 2022 pun, Bank Indonesia yang dinakhodai oleh Bapak Wahyu kembali memperlihatkan perhatian besar dalam pengembangan ekonomi syariah.

Hal itu, terlihat dengan menghadirkan stand bazar dari UMKM syariah binaan Bank Indonesia Kantor Perwakilan Sumbar, pemilihan lembaga Ziswaf terbaik, pemilihan wirausaha muda berbasis syariah, dan berbagai kegiatan lain yang menjadi media edukasi dan literasi syariah kepada masyarakat.

Bukan itu saja, kata Wira proses finalisasi hadirnya Komite Daerah Ekonomi Syariah Sumatera Barat juga menjadi salah satu peran penting yang dilakukan oleh dia (Bapak Wahyu).

Mungkin karena beberapa kontribusi aktif beliau dalam mengembangkan Ekonomi Syariah di Sumatera Barat melalui Bank Indonesia akhirnya beliau pindah tugas menjalani amanah baru di Direktorat Ekonomi Syariah Kantor Pusat Bank Indonesia.

Gusti Candra (Direktur Jasa Keuangan Syariah KDEKS Sumbar) yang hadir pada penyerahan penghargaan tersebut menyampaikan, beliau (Wahyu) merupakan salah satu putra terbaik Sumatera Barat, banyak sekali inovasi dan kontribusi serta tauladan yang beliau buat untuk Sumbar.

Bukan itu saja, sektor Industri Halal juga mendapatkan sentuhan serius dari beliau dengan mengajak UMKM binaan Bank Indonesia untuk mendapatkan Sertifikat Halal yang telah diserahkan pada event Fesmina 2022, kata Direktur Industri Produk Halal KDEKS Sumbar Jimi N Sharma yang turut hadir pada kegiatan itu.

"Kita berharap, keinginan beliau memberikan perhatian serius bagi pengembangan Ekonomi Syariah di Sumbar bisa menjadi Legacy dan juga cikal bakal pengembangan sektor keuangan dan ekonomi syariah di daerah ini, tertitip pesan, agar semangat dan juga perhatian khusus tersebut tetap diberikan ke Sumbar di saat beliau sudah berada di Kantor Pusat Bank Indonesia sebagai Direktur Departemen Ekonomi Keuangan Syariah (DEKS)," kata Wakil Direktur Eksekutif KDEKS Sumbar, Ustadz Sobri.*