Melalui pokir DPRD, Pemkab Agam akan salurkan 1.583 ekor ternak ke 14 kelompok

id pokok pikiran dprd,bantuan ternak,pemkab agam

Melalui pokir DPRD, Pemkab Agam akan salurkan 1.583 ekor ternak ke 14 kelompok

Ternak sapi. (ANTARA)

Lubukbasung,  (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat pada 2023 bakal menyalurkan bantuan sapi, kambing dan itik sebanyak 1.583 ekor ternak bagi 14 kelompok yang berasal dari pokok pikiran DPRD setempat untuk meningkatkan ekonomi masyarakat.

Kepala Dinas Pertanian Agam Afniwirman di Lubukbasung, Rabu, mengatakan ke 1.583 ekor ternak itu berupa sapi sebanyak 11 ekor, kambing 22 ekor dan itik 1.550 ekor.

Bantuan itu bakal diserahkan kepada 14 kelompok peternakan yang tersebar di Kecamatan Matur, Baso, Kamangmagek, Canduang, Palupuah dan Tanjungraya.

Penerima bantuan itu ditentukan anggota DPRD yang miliki dana pokok-pokok pikiran. "Berkemungkinan bantuan tersebut bakal direalisasikan antara Juni atau Juli 2023," katanya.

Selain bantuan ternak, penerima juga bakal dibantu obat-obatan, pakan dan bimtek dalam meningkatkan pemahaman peternak dalam berbudidaya dengan baik.

Bimtek itu dalam rangka agar bantuan yang diserahkan nanti bisa berkembang dengan baik, sehingga dapat berdampak terhadap kesejahteraan kelompok.

Namun ia berharap kelompok peternakan yang akan menerima bantuan ini, agar memelihara ternak yang diberikan sesuai arahan dari pemateri nantinya.

“Jika ternak dipelihara dengan baik, kita yakin bisa berkembang dan memberi hasil menjanjikan, sehingga nanti mampu meningkatkan kesejahteraan peternak,” katanya.