Petani Agam dapat bantuan Alsintan 700 paket dari pokok pikiran DPRD Sumbar

id Pertanian agam,Dprd agam,Bantuan pertanian

Petani Agam dapat bantuan Alsintan 700 paket dari pokok pikiran DPRD Sumbar

Bantuan alat pertanian untuk petani di Kabupaten Agam. (ANTARA/Yusrizal)

Lubukbasung,  (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat mendapatkan bantuan alat dan mesin pertanian (Alsintan) sebanyak 700 paket dari pemerintah provinsi.

Kepala Dinas Pertanian Agam, Asniwirman didampingi Pengawas Alsinta Dinas Pertanian Agam, Imrefli di Lubukbasung, Sabtu, mengatakan 700 paket bantuan itu berupa traktor tangan dengan jenis cultivator, mesin traktor tangan jenis capung, traktor tangan hidro tiler, mesin potong rumput dan lainnya.

"700 paket bantuan itu berbagai jenis dan fungsi," katanya.

Ia mengatakan, bantuan itu berasal dari Pemprov Sumbar melalui dana pokok-pokok pikiran anggota DPRD Sumbar atas nama Artati, Lazuardi Erman, Syafril Huda, Rafdinal, Nofrizon, Ismunandi Sofyan dan lainnya.

Namun data calon penerima dan calon lokasi (DPCL) yang telah diterima Dinas Pertanian Agam baru dari Artati, Rafdinal dan Lazuardi Erman.

"Khusus bantuan dari Rafdinal bakal diserahkan kepada kelompok tani di Padang Lua, Kecamatan Banuhampu, Sabtu (25/6)," katanya.

Sebelum bantuan diserahkan, tambahnya, Dinas Pertanian Agam melakukan pendataan atau verifikasi ke kelompok tani agar bantuan yang diterima petani sesuai dengan kondisi daerah mereka seperti daerah perbukitan dan bantuan diberikan traktor tangan ukuran besar.

Setelah verifikasi dilakukan, maka bantuan tersebut diserahkan ke petani.

"Bantuan pengadaan dari Pemprov Sumbar dan kita hanya melakukan verifikasi," katanya.

Ia menambahkan, bantuan itu berdasarkan usulan proposal dari petani ke anggota DPRD Sumbar. Proposal itu dilanjutkan anggota DPRD ke Dinas Pertanian Sumbar.

Sedangkan syarat petani dapat bantuan harus terdaftar pada sistem informasi penyuluhan pertanian. Aplikasi langsung ke Kementerian Pertanian.

"Kelompok yang tidak terdaftar tidak bisa menerima bantuan apapun jenisnya. Tahun ini kita juga mendapatkan dua unit traktor tangan," katanya.