Upaya ramaikan masjid, Tim Dakwah Salingka Gumanti gelar Subuh On The Road

id Tim Dakwah Salingka, subuh on the road,ramaikan masjid

Upaya ramaikan masjid, Tim Dakwah Salingka Gumanti gelar Subuh On The Road

Tim Dakwah Salingka Gumanti gelar subuh on the road ke Masjid Jami'atul Muslimin di Batang Hari, Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Sumbar (ANTARA/Laila Syafarud)

Arokusa (ANTARA) - Tim Dakwah Salingka Gumanti menggelar kegiatan Subuh On The Road sebagai upaya untuk meramaikan masjid setiap subuh di Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Sumatera Barat.

Sekretaris Tim Dakwah Salingka Gumanti dalam ke sehariannya disapa Acik Ar saat menggelar Subuh On The Road pertama di Masjid Jami'atul Muslimin Jorong Batang Hari, Rabu mengatakan kegiatan tersebut bertujuan untuk kembali memakmurkan, meningkatkan girah, dan menyemarakkan masjid di waktu subuh.

"Ini merupakan kali pertama diadakan di Masjid Jami'atul Muslimin Jorong Batang Hari. InsyaAllah kegiatan ini akan rutin kita adakan di setiap Minggunya ke setiap masjid yang berbeda," ujar dia.

Di samping itu, ia juga mengatakan kegiatan Subuh On The Road ini mengajak masyarakat setempat untuk lebih dekat kepada Allah.

"Jangan sampai masjid-masjid yang sudah kita bangun begitu megah dan mewah ini malah semakin sepi karena tidak ada lagi masyarakat yang menunaikan ibadah shalat berjamaah. Sehingga masjid hanya tinggal mewahnya saja," kata dia.

Subuh On The Road tersebut juga diisi dengan penyampaian ceramah singkat oleh ustad pilihan dari Tim Dakwah Salingka Gumanti setelah melaksanakan shalat subuh berjamaah.

Setelah itu, berdiskusi bersama jamaah terkait kemajuan dakwah di daerah setempat serta ditutup dengan shalat sunnah syuruq, yakni shalat sunnah yang dikerjakan sejak matahari terbit atau setelah terlewatnya waktu yang dilarang untuk shalat.

Ibadah sunnah ini dapat dikerjakan dalam dua rakaat diawali dengan membaca niat shalat syuruq. Sebagaimana dalam hadist riwayat (HR) At-Tirmidzi mengatakan bahwa barang siapa yang melaksanakan ibadah shalat sunnah syuruq akan mendapatkan pahala sebagaimana haji dan umrah yang sempurna.

Lebih lanjut, Acik Ar juga menyampaikan terkait beragam program yang digelar oleh Tim Dakwah Sakingka Gumanti untuk kemaslahatan umat diantaranya bergerak di bidang kemanusiaan dan kepedulian sosial.

"Tim dakwah ini tidak hanya sekadar memberikan ceramah atau ke masjid saja. Akan tetapi banyak hal yang akan kita lakukan nantinya untuk kemaslahatan umat. Bahkan sebelumnya kami bersama-sama membantu untuk meringankan biaya pengobatan seorang anak kurang mampu di RS," ujar dia.

Ke depan, kata dia tidak tertutup kemungkinan Tim Dakwah juga akan bergerak di bidang kesehatan dan ekonomi. Karena anggota Tim Dakwah berasal dari berbagai kalangan, yakni guru, pengusaha, kesehatan, dan sebagainya.

Ia berharap semoga kegiatan Subuh On The Road ini sebagai langkah awal untuk memakmurkan masjid dan meningkatkan kembali semangat masyarakat untuk shalat subuh berjamaah di masjid.

Pengurus Masjid Jami'atul Muslimin, Jorong Batang Hari Adrizal mengapresiasi semangat Tim Dakwah Salingka Gumanti dalam menggelar kegiatan Subuh On The Road sebagai upaya memakmurkan masjid.

"Seperti yang kita lihat saat ini masjid-masjid tampak sepi, apa lagi saat shalat subuh berjamaah. Untuk itu, diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat memotifasi dan menambah semangat jamaah lainnya," kata dia.

Salah seorang jamaah Masjid Jami'atul Muslimin Yur (50) mengaku senang dengan kedatangan Tim Dakwah Salingka Gumanti dengan disuguhkan Kultum subuh. Ia mengatakan sudah lama tidak diadakan Kultum usai shalat subuh di masjid itu.

"Karena orang yang akan memberikan kultum itu tidak ada," kata dia.

Ia berharap ke depannya masjid di lingkungan rumahnya kembali mengaktifkan kegiatan majlis taklim dan kegiatan-kegiatan dakwah lainnya.