Pemkot Pariaman jalin kerjasama dengan Politeknik PU sukseskan program Saga Saja

id Pemkot Pariaman,Politeknik PU ,program Saga Saja,Berita Pariaman,Wako Pariaman

Pemkot Pariaman jalin kerjasama dengan Politeknik PU sukseskan program Saga Saja

Wako Pariaman, Sumbar Genius Umar (kiri) menekan nota kesepahaman dengan Politeknik PU di Semarang, Selasa. ANTARA/Diskominfo Pariaman 

​​​​​​​Bukittinggi (ANTARA) - Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat menjalin kerjasama dengan Politeknik Pekerjaan Umum (PU) guna menyukseskan program Satu Keluarga Satu Sarjana (Saga Saja) untuk mengentaskan kemiskinan di daerah itu melalui sektor pendidikan.

“Kami percaya Saga Saja dapat mengentaskan kemiskinan melalui pendidikan yang baik," kata Wali Kota Pariaman Genius Umar pada menandatangani nota kesepakatan dengan Politeknik PU di Semarang yang diterima Antara, Selasa (10/1).

Ia mengatakan program tersebut merupakan upaya Pemkot Pariaman menguliahkan anak-anak dari ekonomi lemah mendapatkan menempuh pendidikan tinggi vokasi.

Ia menyampaikan dengan pendidikan vokasi maka anak tersebut nantinya memiliki keahlian untuk mendapatkan pekerjaan yang layak dan dapat membantu ekonomi keluarga sehingga dapat keluar dari kemiskinan.

“Dengan mereka mendapatkan ilmu dan keahlian serta memiliki sertifikasi maka mereka nanti dapat membuka usaha secara mandiri atau bekerja di perusahaan-perusahaan besar,” katanya.

Sejauh ini pihaknya telah banyak menjalin kerjasama dengan sejumlah perguruan tinggi vokasi baik yang ada di dalam maupun di luar provinsi itu.

Adapun perguruan tinggi tersebut yaitu di antaranya Universitas Indonesia, Telkom University, Politeknik Transportasi Darat, Poltek Kelautan dan Perikanan.

Namun, lanjutnya khusus untuk Politeknik PU tidak saja untuk warga dari keluarga miskin namun juga untuk yang telah bekerja di Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Pariaman.

"Mereka nanti dapat memperbarui ilmunya sehingga ahli di bidangnya masing-masing sehingga menghasilkan sumber daya manusia yang berkompeten," tambahnya.

Politeknik PU merupakan perguruan tinggi rintisan Kementerian PUPR yang dimulai beroperasi di Semarang, Jawa Tengah semenjak 2019.

Sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat telah menjalin kerjasama dengan delapan perguruan tinggi di Indonesia melalui program Satu Keluarga Satu Sarjana (Saga Saja) guna meningkatkan kualitas dan kuantitas pendidikan warga daerah itu.

"Kami memiliki program Saga Saja untuk memberikan kesempatan kepada anak dari keluarga miskin menempuh pendidikan tinggi," kata Wali Kota Pariaman, Genius Umar saat penyerahan beasiswa Saga Saja dan menjalin kerja sama dengan Politeknik Kelautan dan Perikanan Pariaman di Pariaman.

Ia mengatakan tujuan dari program tersebut yaitu meningkatkan kualitas dan kuantitas pendidikan warga serta mengentaskan kemiskinan karena rendahnya jenjang pendidikan.