Pemkot Pariaman prediksi puncak kunjungan wisatawan libur Nataru pekan ini

id Pemkot Pariaman,wisata Pantai Gandoriah

Pemkot Pariaman prediksi puncak kunjungan wisatawan libur Nataru pekan ini

Ilustrasi - Wisatawan memadati objek wisata Pantai Gandoriah, Kota Pariaman, Sumatera Barat. ANTARA/Aadiaat M. S. 

Pariaman (ANTARA) - Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat memprediksi puncak kunjungan wisatawan ke daerah itu pada libur natal dan tahun baru (Nataru) 2022 akhir pekan ini.

"Kemarin (Minggu) objek wisata di Pariaman banyak dikunjungi wisatawan, diprediksi dalam minggu ini akan terjadi peningkatan kunjungan wisatawan yang signifikan ke Pariaman," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman Gusniyetti Zaunit di Pariaman, Selasa.

Ia mengatakan hal tersebut karena libur sekolah telah dimulai sehingga akan banyak wisatawan yang membawa anaknya berlibur ke daerah itu.

Meskipun pihaknya tidak bisa menyebutkan berapa kisaran jumlah wisatawan yang akan berkunjung ke Pariaman pada libur Nataru namun melihat dari potensi dan musim liburan tahun-tahun sebelumnya maka kunjungan ke daerah itu akan ramai.

Ia menyebutkan Pariaman memiliki banyak objek wisata yang dapat dikunjungi wisatawan diantaranya Pantai Sunur, Pantai Kata, Pantai Cermin, Pantai Gandoriah, Talao Pauh, dan Pantai Apar.

"Kemarin yang paling banyak dikunjungi itu Pantai Gandoriah, Talao Pauh juga ramai dikunjungi wisatawan," katanya.

Ia mengimbau wisatawan meskipun daerah itu telah memiliki penjaga pantai dan peningkatan keamanan dari personil kepolisian namun tetap diminta berhati-hati ketika bermain dan berenang di pantai.

"Betul-betul waspada, begitu juga operator kapal wisata apalagi saat ini cuaca tidak menentu," ujarnya.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat menjamin keamanan wisatawan yang berkunjung ke daerah itu pada libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023 meskipun pihaknya tidak melaksanakan kegiatan khusus.

"Perayaan tahun baru tidak ada secara khusus, tidak menjadi terbudaya di Pariaman namun keamanan di masa libur harus kita jamin kepada masyarakat," kata Wali Kota Pariaman, Genius Umar di Pariaman.

Ia mengatakan pihaknya telah melaksanakan rapat dengan aparat kepolisian dan TNI setempat agar libur Nataru di Pariaman berjalan aman dan lancar.