Pemkot Pariaman jamin keamanan wisatawan pada libur Nataru 2023

id Pemkot Pariaman,Pantai Gandoriah,Berita pariaman

Pemkot Pariaman jamin keamanan wisatawan pada libur Nataru 2023

Sejumlah wisatawan sedang beraktivitas di Anjungan Pantai Gandoriah, Kota Pariaman, Sumbar. ANTARA/Aadiaat M. S. 

Pariaman (ANTARA) - Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat menjamin keamanan wisatawan yang berkunjung ke daerah itu pada libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023 meskipun pihaknya tidak melaksanakan kegiatan khusus.

"Perayaan tahun baru tidak ada secara khusus, tidak menjadi terbudaya di Pariaman namun keamanan di masa libur harus kita jamin kepada masyarakat," kata Wali Kota Pariaman, Genius Umar di Pariaman, Selasa.

Ia mengatakan pihaknya telah melaksanakan rapat dengan aparat kepolisian dan TNI setempat agar libur Nataru di Pariaman berjalan aman dan lancar.

Untuk diketahui Pariaman memiliki banyak objek wisata yang patut dikunjungi oleh wisatawan di antaranya Pantai Gandoriah, Pantai Kata, Talao Pauh, dan Pulau Angso Duo.

Kawasan pantai Pariaman selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan pada malam pergantian tahun dan hari pertama tahun baru. Di lokasi tersebut pada tahun-tahun sebelumnya aparat keamanan mulai dari TNI, Polri, Satuan Polisi Pamong Praja, hingga Dinas Perhubungan menjaga kawasan tersebut.

Berdasarkan survei Badan Kebijakan Transportasi (BKT) Kemenhub, lanjutnya, potensi pergerakan nasional pada masa Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 adalah 16,35 persen dari jumlah penduduk Indonesia atau sebanyak 44,17 juta orang.

Adapun pergerakan masyarakat akan didominasi oleh kendaraan pribadi sebanyak 28,26 persen dan sepeda motor sebanyak 16,47 persen. Sedangkan penggunaan moda terbanyak masih menggunakan angkutan jalan dengan total sekitar 67,97 persen.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyampaikan pemerintah tidak akan membatasi pergerakan masyarakat pada penyelenggaraan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 atau Nataru.

"Tidak ada pembatasan mobilitas pada penyelenggaraan Nataru 2022/2023. Namun mengingat tren COVID-19 nasional cenderung meningkat maka penyelenggaraan Nataru perlu dikelola dengan baik," kata Menhub Budi Karya dalam Rapat Kerja bersama Komisi V DPR RI di Jakarta.

Menhub mengatakan selain tren meningkatnya kasus COVID-19, pemerintah juga memperhatikan penyelenggaraan angkutan Natal dan Tahun Baru yang bersamaan dengan libur sekolah serta peningkatan mobilitas masyarakat pada masa tersebut.