Ketua TP-PKK Dharmasraya hadiri kongres bundo kanduang di Tanah Datar

id Bundo kanduang

Ketua TP-PKK Dharmasraya hadiri kongres bundo kanduang di Tanah Datar

Teks Foto : Ketua TP-PKK Ny Dewi Sutan Riska (kanan) saat pembukaan Kongres Bundo Kanduang, di Kabupaten Tanah Datar, Sabtu (3/12). (ANTARA/Kominfo Dharmasraya)

Pulau Punjung (ANTARA) - Ketua Penggerak PKK Kabupaten Dharmasraya, Ny Dewi Sutan Riska mengikuti Kongres Bundo Kanduang se-dunia yang digelar di Kabupaten Tanah Datar, 3 sampai 5 Desember 2022.

"Saya mengapresiasiatas terselenggaranya kongres, ini merupakan momen bersejarah bagi perempuan Minangkabau karena baru pertama kali dilaksanakan," katanya saat di hubungi di Pulau Punjung, Minggu.

Ia mengatakan kehadirannya disana suatu kehormatan bagi bundo kanduang Dharmasraya karena telah berpartisipasi dalam kegiatan tersebut, ia berharap agenda kongres semakin menguatkan jati diri perempuan Minangkabau dalam menghadapi tantangan zaman.

Ia mengatakan kongres pertama bundo kanduang tersebut diikuti sebanyak1.015 peserta. Panitia menyiapkan tiga lokasi utama yang menjadi pusat kegiatan, yakni Istano Basa Pagaruyuang, Gedung Maharajo Dirajo, dan Istano Silinduang Bulan.

"Hadir juga dalam kongres Bundo Kanduang dari Australia, Inggris dan Belanda, ada juga dari Banten, Lampung, Jambi, Bengkulu, Riau, Sumatra Utara, DKI dan beberapa daerah lainnya," ujarnya.

Ia menyebutkan Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan direncanakan akan menjadi salah satu pemateri pada seminar yang dilaksanakan dalam rangkaian kongres.

Ia menambahkan sebelum pembukaan kongres diawali parade pakaian adat dari seluruh pengurus bundo kanduang dari istano Silinduang bulan sampai ke Istano Rajo Basa. Setiap utusan memakai pakaian pengantin asli daerah, dua berpakaian pakaian adat, dan dua orang berpakaian baju kurung basiba.*