Pemkot Pariaman upayakan seluruh Puskesmas ramah anak

id Puskesmas, pariaman, ramah anak

Pemkot Pariaman upayakan seluruh Puskesmas ramah anak

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Pariaman, Sumbar Gusniyetti Zaunit. (ANTARA/Aadiaat MS)

Pariaman (ANTARA) - Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat mengupayakan seluruh Puskesmas di daerah itu ramah terhadap anak guna memenuhi hak anak mulai fasilitas bermain hingga pelayanan khusus untuk anak.

"Ada beberapa dari tujuh Puskesmas di Pariaman sudah mulai menyiapkan ruangan bermain anak dan tentu kami mendorong seluruhnya berbenah agar menjadi ramah terhadap anak," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Pariaman Gusniyetti Zaunit di Pariaman, Minggu.

Ia mengatakan fasilitas kesehatan tidak saja memberikan pelayanan terhadap masyarakat namun juga harus memenuhi hak-hak anak mulai dari ruangan bermain untuk anak serta perlindungan dan keamanannya.

Ia menyebutkan adapun Puskesmas di Pariaman yang mulai membangun ruangan bermain anak yaitu di antaranya Kurai Taji dan Santok.

Ia menjelaskan pemenuhan hak anak tersebut agar tumbuh kembang anak dapat berjalan dengan baik sebab generasi tersebut merupakan harapan penerusan bangsa.

Terkait dengan ramah tidak saja di sekolah namun juga instansi pemerintahan atau kantor lainnya yang menyediakan pelayanan untuk masyarakat.

Ia mengatakan untuk meningkatkan pemahaman terhadap Puskesmas dan instansi pemerintahan di Pariaman pihaknya telah melaksanakan Sosialisasi Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga) dan Pelatihan Konvensi Hak Anak (KHA) di Kota Pariaman, Kamis (17/11).

Sebelumnya, Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat memperkuat pemahaman pemangku kepentingan mulai dari jajaran pemerintahan yang memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat, aparat penegak hukum, sekolah hingga pelaku usaha di daerah itu terhadap pemenuhan hak anak.

"Mungkin dari pantauan secara sepintas selama ini (pemenuhan hak anak) tidak terlalu difokuskan, jadi kegiatan ini dilaksanakan bertujuan untuk mengingatkan kembali bagi instansi dan peserta kegiatan," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Kota Pariaman Gusniyetti Zaunit di Pariaman.

Ia mengatakan dengan adanya kegiatan tersebut maka instansi pemerintahan terutama yang berkaitan dengan pelayanan langsung terhadap masyarakat dapat menjadikan kantornya ramah terhadap anak salah satunya menyediakan ruangan bermain anak.

Bahkan, lanjutnya untuk sekolah tidak saja menyediakan tempat bermain untuk anak namun juga mempertimbangkan kenyamanan, keselamatan, dan keamanan anak saat beraktivitas.*