Baznas Dharmasraya kerja sama dengan Polres tingkatkan penerimaan zakat

id Dharmasraya,Zakat,Sumbar,Padang

Baznas Dharmasraya kerja sama dengan Polres tingkatkan penerimaan zakat

Ketua Baznas Dharmasraya Z Lubis (empat kanan)  Kapolres Dharmasraya AKBP Nurhadiansyah (lima kiri) foto bersama usai pembentukan UPZ Polres Dharmasraya, Jumat (4/11). (ANTARA/Ilka Jensen)

Pulau Punjung (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat (Sumbar) bersinergi dengan Polri dalam upaya meningkatkan penerimaan zakat dengan membentuk Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Polres.

Ketua Baznas Dharmasraya, Z Lubis, di Pulau Punjung, Minggu, mengatakan, UPZ Polres Dharmasraya diharapkan dapat mengoptimalkan pengumpulan zakat lingkungan Polres sehingga banyak program yang dapat dikolaborasikan ke depan.

"Tentu kita akan berkolaborasi secara bersamaan dalam melaksanakan program peduli yang ada Baznas dan Polres, kita berharap UPZ Polres dapat mendongkrak penerimaan zakat di Dharmasraya," katanya.

Ia mengatakan Baznas mengapresiasi Polres Dharmasraya telah mendukung upaya peningkatan pengumpulan zakat dengan telah dibentuknya UPZ. Pengukuhan UPZ Polres Dharmasraya telah dilakukan pada Jumat (4/11).

Menurut dia zakat yang terkumpul melalui Baznas Dharmasraya masih terbilang minim dibanding potensi yang ada, untuk itu perlu kolaborasi dan sinergi bersama dalam rangka membantu sesama umat muslim.

"Data sampai hari ini penerimaan zakat dari ASN dan Muzaki perorangan baru berkisar Rp6 Miliar,

Sementara target penerimaan tahun 2022 Rp7 miliar, inilah yang kita pacu malalui sinergi ini" ungkap dia.

Ia menambahkan Baznas Dharmasraya saat ini juga menggerakkan program donasi satu tandan buah sawit dalam upaya meningkatkan penerimaan infak sedekah. Dalam mendukung program donasi satu tandan buah sawit Baznas bekerjasama dengan pemilik timbangan ram di daerah itu.

"Selain potensi zakat, kita juga berinovasi dalam menggali potensi infak sedekah yang dapat digarap, salah satunya melalui gerakan ini, karena kita tau banyak timbangan ram di Dharmasraya," ujarnya.

Sementara, Kapolres Dharmasraya AKBP Nurhadiansyah menilai hadirnya UPZ Polres merupakan kegiatan bersifat sosial yang dapat menumbuhkan empati terhadap sesama, dan ini perlu didukung.

Ia mengimbau seluruh anggota polres Dharmasraya untuk dapat menyalurkan zakat melalui UPZ Polres, karena zakat merupakan bagian dari kewajiban seorang muslim.

"Mudah-mudahan niat baik bersama ini dipermudah, dan saya berpesan ke seluruh personel sebagai insan Polri harus menjadi teladan dalam melaksanakan kewajiban membayar zakat," katanya.