Kunjungi SMP 7, Forum Anak Padang Edukasi Hak Identitas Anak

id Forum Anak Padang,SMP Negeri 7 Padang,sosialisasi hak anak,Berita sumbar,Berita padang

Kunjungi SMP 7, Forum Anak Padang Edukasi Hak Identitas Anak

Forum Anak Padang melaksanakan sosialisasi hak anak di SMP Negeri 7 Padang. (Antara/HO)

Padang (ANTARA) - Forum Anak Padang melaksanakan sosialisasi hak anak di SMP Negeri 7 Padang diikuti oleh Pengurus OSIS SMP Negeri 7 Padang.

Fungsional PSM Dinas P3AP2KB Kota Padang Erni Viyanti di Padang, Jumat melalui siaran pers yang diterima mengatakan pihaknya mendampingi Forum Anak Padang untuk melakukan edukasi hak anak ke Sekolah Ramah Anak di Kota Padang.

"Sekarang kami laksanakan di SMP Negeri 7 Padang yang diikuti oleh pengurus OSIS SMP Negeri 7 Padang," kata dia.

Menurut dia Pemerintah kota padang telah memiliki komitmen mewujudkan kota layak anak, dan pada 2022 Padang mendapatkan Penghargaan Kota Layak Anak Tingkat Nindya.

Oleh sebab itu perlu upaya yang masif untuk menyosialisasikan hak-hak anak, salah satunya yaitu hak anak memiliki identitas yang teregistrasi oleh negara yang disebut dengan Akta Kelahiran Anak dan Kartu Identitas Anak.

Saat sesama anak memberikan edukasi hak tersebut kepada anak, akan bagus bagi tumbuh kembang anak. Kedepan kami akan memfasilitasi Forum Anak Padang dalam kegiatan edukasi hak lainnya di sekolah-sekolah, seperti anti perundungan, anti rokok, dan perlindungan dari penyalahgunaan Napza, kata dia.

Fasilitator Forum Anak Kota Padang Shabila Eka Wisra mengatakan pihaknya melaksanakan peranan forum anak sebagai pelopor dan pelapor perlindungan anak.

"Salah satu peranan tersebut adalah menjadi pelopor dan pelapor hak sipil dan kebebasan dalam bentuk pemenuhan hak identitas yakni akta kelahiran anak dan kartu identitas anak," ujarnya.

Ia menyampaikan masih banyak anak-anak di kota Padang berusia di bawah 17 tahun yang belum mempunyai Kartu Identitas Anak.

"Karena itu kami menyadarkan anak-anak di sekolah melalui pengurus OSIS untuk menyampaikan pentingnya dan manfaat dari ketika seorang anak memiliki Kartu Identitas Anak," katanya.

Kemudian ia menyampaikan apa langkah yang dapat dilakukan jika anak belum punya kartu identitas dan cara mengurusnya.