Kelurahan Lubang Panjang Sawahlunto tingkatkan kapasitas pengurus Forum Anak

id forum anak lubang panjang, berita sawahlunto, berita sumbar

Kelurahan Lubang Panjang Sawahlunto tingkatkan kapasitas pengurus Forum Anak

Peningkatan kapasitas pengurus Forum Anak Kelurahan Lubang Panjang sebagai pelopor dan pelapor perlindungan anak.  (Antara/HO)

Padang (ANTARA) - Kelurahan Lubang Panjang Kota Sawahlunto menyelenggarakan kegiatan peningkatan kapasitas pengurus Forum Anak Kelurahan Lubang Panjang sebagai pelopor dan pelapor perlindungan anak.

Dilaksanakan di Taman Wisata Meer Von Kandi Heritage Sawahlunto. Kegiatan dilaksanakan pada 16 November 2022 dengan Narasumber dari Yayasan Ruang Anak Dunia dibuka langsung oleh lurah dan dihadiri juga oleh Ketua TP PKK Kecamatan Barangin.

Lurah Lubang Panjang Rachmadeni melalui siaran pers yang diterima di Padang, Kamis bersyukur atas terselenggaranya kegiatan peningkatan kapasitas pengurus forum anak kelurahan apalagi anak-anak pertama kali mengikuti pertemuan seperti ini.

"Kegiatan ini kami manfaatkan juga untuk mengajak anak-anak dapat bermain mengunjungi salah satu tempat wisata di kota Sawahlunto," kata dia.

Ia menyampaikan komitmen selaku pemerintah tingkat kelurahan mewujudkan Kelurahan Layak Anak dengan salah satu upaya yang dilakukan membentuk dan memfasilitasi pendampingan kegiatan forum anak kelurahan sebagai pelopor dan pelapor perlindungan anak.

"Anak-anak usia SMP dan SMA yang ada di kelurahan Lubang Panjang digabungkan ke dalam forum anak, selain itu kami juga mempunyai mempunyai lembaga pendidikan Al Quran yang dibina langsung oleh kelurahan dengan melibatkan peran masyarakat," kata dia.

Semua itu dilakukan demi menjamin hak-hak anak yang berada di kelurahan Lubang Panjang, ujarnya lagi.

Ke depan ia berharap forum anak dapat menjadi inspirasi bagi anak anak lainnya untuk menyuarakan hak-hak anak di kelurahan, serta semua elemen masyarakat dapat melibatkan forum anak dalam kegiatan sosialisasi perlindungan anak.

Sementara Ketua Forum Anak Kelurahan Lubang Panjang Sherly mengucapkan terima kasih kepada jajaran Kelurahan Lubang Panjang yang telah memfasilitasi kegiatan ini.

"Kami mendapatkan ilmu dan pengalaman baru dari narasumber yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kegiatan forum anak kelurahan sebagai pelopor dan pelapor perlindungan anak. Sehabis kegiatan ini,' kata dia.

Ia berencana melaksanakan sosialisasi perlindungan anak di masjid dan mushala yang ada di kelurahan Lubang Panjang.

Manajer Program Yayasan Ruang Anak Dunia Wanda Leksmana memberikan dukungan penuh kepada kelurahan Lubang Panjang yang ingin menghadirkan sistem perlindungan anak di daerah melalui Kelurahan Layak Anak.

"Banyak kegiatan perlindungan anak di kelurahan ini yang kami harap tetap menjaga kesinambungan dan keberlanjutan program. Semoga forum anak kelurahan Lubang Panjang menjadi motivasi bagi forum anak kelurahan dan desa yang ada di kota Sawahlunto," ujarnya.