Forum Anak Kecamatan Siberut Selatan edukasi pelajar pencegahan pelecehan seksual

id berita padang, berita sumbar, perlindungan anak

Forum Anak Kecamatan Siberut Selatan edukasi  pelajar pencegahan pelecehan seksual

Edukasi Perlindungan Anak di SMP N 1 Siberut Selatan dari Forum Anak Kecamatan Siberut Selatan didampingi Dinas SosP3A Mentawai dan Yayasan Ruang Anak Dunia (Antara/HO-Ruandu)

Padang (ANTARA) - Forum Anak Kecamatan Siberut Selatan didampingi Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Mentawai, dan Yayasan Ruang Anak Dunia melaksanakan sosialisasi perlindungan anak di SMP Negeri 1 Siberut Selatan Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak DinSosP3A Mentawai Yosepha Yeni Sapatundai melalui siaran pers yang diterima di Padang, Sabtu mengatakan pihaknya telah memfasilitasi pembentukan dan peningkatan kapasitas pengurus forum anak pada dua kecamatan, yakni Forum Anak Kecamatan Siberut Selatan dan Forum Anak Kecamatan Siberut Barat Daya.

Di salah satu kecamatan yakni Forum Anak Kecamatan Siberut Selatan langsung melaksanakan edukasi perlindungan anak di SMP Negeri 1 Siberut Selatan.

"Edukasi perlindungan anak ini bertujuan untuk menghindari anak dari tindakan pelecehan seksual yang dilakukan oleh siapa pun pihak kepada si anak," ujarnya.

Sehingga edukasi ini penting karena para pelajar juga belum mendapatkan edukasi seperti ini secara utuh. Edukasi yang dilakukan oleh sesama anak akan berbeda dampak dan manfaatnya untuk penambahan ilmu anak.

Disamping itu edukasi pencegahan pelecehan seksual pada beberapa kalangan masih dianggap tindakan tabu atau tidak patut dibicarakan di depan umum, padahal kita sama sama mengetahui modus pelecehan seksual terhadap anak saat ini sangat beraneka ragam, sudah saatnya semua pihak tidak menganggap informasi tersebut menjadi hal tabu, katanya

Dengan demikian fasilitas publik lainnya seperti rumah ibadah dan sekolah yang dikunjungi oleh forum anak kecamatan saat ini telah membuktikan bahwa forum anak dapat dijadikan sebagai pelopor dan pelapor perlindungan anak

Sementara Ketua Forum Anak Kecamatan Siberut Selatan, Charlie mengatakan pihaknya menyosialisasikan kepada siswa tentang bagaimana cara menghindari pelecehan seksual dimulai dari mengetahui bagian tubuh yang boleh disentuh dan tidak boleh disentuh.

Untuk menghindari itu maka bagian tubuh yang boleh disentuh adalah kepala, tangan, kaki. Kemudian bagian tubuh yang tidak boleh disentuh adalah bagian tubuh yang tertutup baju dalam. Apabila mengalami tindakan pelecehan seksual, maka kita harus berani melaporkan kepada orang yang dipercayai, seperti orang tua dan guru, kata dia

Manajer Program Yayasan Ruang Anak Dunia, Wanda Leksmana mengapresiasi teman-teman muda yang semangat dari pengurus Forum Anak Kecamatan Siberut Selatan.

"Ini adalah bukti nyata bahwa Forum Anak berperan sebagai pelopor dan pelapor perlindungan anak. Bagi anak-anak di daerah perkotaan, mungkin sudah sering atau pernah mendapatkan ilmu dan pengalaman serupa, namun bagi anak-anak yang tinggal di daerah kepulauan tentu ini menjadi hal yang baru bagi mereka," kata dia

Ia melihat anak-anak antusias menerima informasi pencegahan pelecehan seksual dan pengurus forum anak kecamatan juga antusias memberikan edukasi perlindungan anak. Disamping itu, keberanian mereka untuk berbicara di hadapan teman-teman mereka dengan menyampaikan ilmu bermanfaat seperti ini, harus mendapatkan dukungan dari semua pihak di pemerintah, sekolah, pengelola rumah ibadah, dan pihak terkait.

Pewarta :
Editor: Ikhwan Wahyudi
COPYRIGHT © ANTARA 2022