Pasaman Barat kukuhkan dan tingkatkan kapasitas Forum Anak Kabupaten 2022-2024

id forum anak, berita pasaman barat, berita sumbar

Pasaman Barat kukuhkan dan tingkatkan kapasitas Forum Anak Kabupaten  2022-2024

Pengukuhan dan penguatan kapasitas pengurus Forum Anak Kabupaten Pasaman Barat  periode 2022-2024, k (Antara/HO-Pemkab Pasbar)

Padang (ANTARA) - Dinas PPKBP3A Pasaman Barat menyelenggarakan pengukuhan dan penguatan kapasitas pengurus Forum Anak kabupaten Pasaman Barat periode 2022-2024 pada 30 Oktober 2022 di Pantai Sasak.

Kepala Dinas PPKBP3A Pasaman Barat Anna Rahmadia melalui siaran pers yang diterima di Padang, Selasa mengatakan Forum Anak Pasaman Barat telah mempunyai catatan sejarah panjang dalam memperjuangkan hak hak anak.

"Hal itu terbukti saat program kabupaten layak anak di Pasaman barat, mereka berperan aktif sebagai pelopor dan pelapor perlindungan anak dalam setiap indikator KLA," kata dia.

Karena saat ini para pengurus telah memasuki generasi pengurus yang baru pihaknya mengukuhkan forum anak Pasaman Barat periode 2022-2024.

Setelah pengukuhan dilanjutkan dengan penguatan kapasitas pengurus forum anak sebagai pelopor dan pelapor perlindungan anak.

Forum anak dapat menjadi contoh dan pedoman bagi anak lainnya supaya menginspirasi, produktif, dan mampu menerapkan etika kehidupan.

"Mereka juga harus berani untuk melaporkan kepada pemerintah terhadap segala bentuk permasalahan anak di kabupaten, agar OPD terkait dapat mengetahui dan meresponnya, kata dia.

Ia juga mengucapkan terima kasih atas kolaborasi dari unsur dunia usaha yang tergabung dalam APSAI Pasaman Barat, yakni P. Agrowiratama karena telah memberikan bantuan dana pembinaan berupa seragam baru/rompi bagi pengurus forum anak.

Sementara Ketua Forum Anak Pasaman Barat Nabila Syururi Areni mengucapkan terima kasih kepada Dinas PPKBP3A Pasaman Barat yang telah membina dan memfasilitasi setiap kegiatan forum anak, termasuk pengukuhan dan capacity building.

"Tentu ini menjadi pengalaman baru bagi kami karena pengurus baru kali ini juga banyak diisi oleh anak-anak yang baru, namun tetap juga diisi oleh anggota pengurus lama yang masih usia anak," ujarnya.

Menurutnya ke depan akan fokus melaksanakan program perlindungan anak berupa edukasi perlindungan anak ke rumah ibadah dan sekolah.

Sementara Manajer Program Yayasan Ruang Anak Dunia Wanda Leksmana menilai Forum anak menjadi salah satu wadah partisipasi anak di daerah yang mampu menjadi contoh bagi anak-anak lainnya.

Meski masih usia anak, namun mereka sudah mampu berbuat positif untuk menjamin hak-hak anak yang mana hak-hak yang diperjuangkan itu adalah juga hak mereka, kata dia.

Ia menyampaikan eksistensi forum anak telah diatur dalam Peraturan Menteri Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Nomor 18 Tahun 2019 Tentang Penyelenggaraan Forum Anak.