PFI Padang Latih Tim Kehumasan PLN se-Sumatera Barat

id PFI Padang,SPKLU PLN UIW Sumbar,Berita sumbar,Berita padang

PFI Padang Latih Tim Kehumasan PLN se-Sumatera Barat

Para peserta pelatihan, melakukan praktek lapangan teknik foto dokumentasi di SPKLU PLN UIW Sumbar pada Selasa (4/10/2022). (Antara/Fandi Yogari)

Padang (ANTARA) - Sebanyak 25 orang peserta yang berasal dari berbagai unit kerja di PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) wilayah Sumatera Barat ikuti pelatihan fotografi kehumasan yang bekerjasama dengan Pewarta Foto Indonesia (PFI) Padang.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumbar Toni Wahyu Wibowo mengatakan peserta yang dilibatkan dalam pelatihan fotografi tersebut merupakan karyawan yang memang mendapat tugas untuk dokumentasi kegiatan PLN di masing-masing unit kerja.

"Dari yang saya pantau, hasil foto-foto kehumasan PLN di Sumbar masih perlu ada peningkatan kualitas, seperti sudut pengambilan foto, momen-momen yang mana perlu diabadikan. Makanya saya berharap, PFI Padang bisa memberikan ilmunya ke tim kehumasan ini, sehingga lebih baik hasil foto-foto kehumasan PLN kedepannya," kata Toni pada saat membuka acara Pelatihan Fotografi Kehumasan di Pangeran Beach Hotel, Selasa (4/10/2022).

Menurutnya peranan foto kehumasan sangat penting bagi perusahaan. Kepada PFI Padang Toni berharap dapat membagi pengalaman dan ilmu yang selama ini sudah bergelut di dunia fotografi jurnalistik.

"Saya berpesan kepada peserta, benar-benar serius mengikuti pelatihan foto ini. Serap ilmunya, jadi setelah usai kegiatan ini foto-foto kehumasan lebih baik dari sebelum adanya pelatihan ini," harap Toni.

Dia mengaku senang adanya sinergitas PFI Padang dengan PLN Sumbar.

Sementara itu Ketua PFI Padang Muhammad Arif Pribadi mengatakan pelatihan fotografi kehumasan ini menunjukan respons yang bagus dari PLN terhadap dunia fotografi.

"Bicara dunia fotografi di era sekarang, memang sudah berkembang cukup pesat. Terutama dari segi dukungan kamera, baik itu kameranya DSLR, Mirrorless, dan smartphone, sudah bagus. Hanya saja, sumber daya manusia atau fotografer dari kehumasan perlu ditingkatkan," katanya.

Untuk itu, Arif berharap kegiatan pelatihan untuk kehumasan PLN se-Sumatera Barat dapat memberikan pemahaman dan ilmu tentang fotografi.

"Jadi foto-foto kehumasan bagus, maka dapat mem-branding corporate yakni PLN. Kita akan memberikan semaksimal mungkin kepada peserta," ujarnya.

Arif menjelaskan pelatihan foto kehumasan ini berlangsung dari tanggal 4-5 Oktober 2022. Selain ada pemateri foto yang diberikan, juga ada bimbingan praktek di lapangan.

"Kita harapkan peserta bisa serius, baik untuk materi dan praktek di lapangannya," sebut pewarta foto Antara ini.

Diakui bahwa dalam pelatihan fotografi ini tidak ada yang instan. Artinya butuh proses, tapi setidaknya dengan adanya ilmu dasar-dasar fotografi dan mengetahui bagaimana mendapatkan foto yang bagus, bisa diimplementasikan pada kegiatan-kegiatan PLN berikutnya.