Pemprov Sumbar komitmen bangun jalan menuju Pelabuhan Teluk Tapang

id Pasaman Barat,Sumbar

Pemprov Sumbar komitmen bangun jalan menuju Pelabuhan Teluk Tapang

Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy didampingi Bupati Pasaman Barat Hamsuadi saat meninjau kondisi jalan menuju Pelabuhan Teluk Tapang Air Bangis. (Antara/Altas Maulana)

Simpang Empat (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat berkomitmen mempercepat pembangunan jembatan menuju Pelabuhan Teluk Tapang Air Bangis, Kabupaten Pasaman Barat agar akses menuju pelabuhan itu cepat selesai.

Wakil Gubernur Sumbar Audy Joynaldi usai melakukan kunjungan ke jalan menuju Pelabuhan Teluk Tapang, Minggu mengatakan terdapat beberapa komitmen yang harus dipenuhi Pemprov Sumbar.

Diantaranya adalah pembangunan empat jembatan penghubung menuju Pelabuhan Teluk Tapang yang telah masuk dalam anggaran provinsi dengan total anggaran sekitar Rp50 miliar.

"Empat pembangunan jembatan tersebut harus direalisasikan sebelum tahun 2024," tegasnya.

Ia menyebutkan secepatnya akan merapatkan langsung dengan tim dari provinsi agar dipercepat pembangunannya.

Ia berharap pada tahun 2023 pembangunannya bisa dimulai secara bertahap sehingga akses jalan ini semakin baik.

"Pelabuhan Teluk Tapang dapat menjadi ujung tombak Sumbar untuk menggerakkan pertumbuhan perekonomian Sumbar khususnya di Pasaman Barat," harapnya.

Pembangunan akses jalan dan jembatan di lokasi itu memiliki peran yang penting untuk membangun konektivitas antar wilayah di Sumbar dalam rangka memperlancar distribusi logistik terutama untuk Pasaman Barat.

"Sedangkan pembangunan infrastruktur jalan menuju Teluk Tapang ini akan dibangun melalui dana APBN," sebutnya.

Bupati Pasaman Barat Hamsuardi menjelaskan bahwa kunjungan ini dilakukan untuk melihat secara langsung kondisi Tempat Pelelang Ikan Air Bangis dan pembangunan akses jalan menuju Pelabuhan Teluk Tapang.

Pihaknya akan terus berupaya dan mendukung agar pembangunan jalan serta jembatan menuju pelabuhan kebanggaan Pasaman Barat tersebut segera terealisasi.

"Anggaran pembangunan jalan berasal dari APBN dan pembangunan jembatan berasal dari dana Provinsi Sumatera Barat. Semoga cepat terealisasi," kata dia.