Agam gelar lomba tahfiz dengan menyediakan umroh

id Agam gelar lomba tahfiz,Bupati Agam Andri Warman ,Pemkab Agam

Agam gelar lomba tahfiz dengan menyediakan umroh

Bupati Agam Andri Warman bersama Gimela Salsabilla Pasha dan ayahnya. Dok Humas Pemkab Agam

Lubukbasung (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat bakal menggelar lomba tahfiz antar lembaga itu dengan menyediakan hadiah umroh dalam memotivasi santri dapat mempertajam hafalan dan bacaan Al Quran.

Bupati Agam, Andri Warman di Lubukbasung, Jumat, mengatakan lomba tahfiz antar lembaga itu bakal diadakan pada akhir tahun.

“Diperkirakan lomba kita adakan pada Oktober atau November 2022,” katanya.

Ia mengatakan, kegiatan ini dalam memotivasi para santri baik di TPA, MDTA dan rumah tahfiz, agar dapat mempertajam hafalan dan bacaan Al Quran.

Bagi pemenang lomba bakal diberangkatkan umrah ke Tanah Suci Mekah.

"Ini bentuk penghargaan pada pemenang, supaya peserta lebih bersemangat ikuti lomba. Terus belajar, di samping persiapan menghadapi lomba juga jadi bekal dalam menjalani kehidupan di dunia ini,” katanya.

Bupati juga memberikan perhatian khusus kepada salah seorang santri Rumah Tahfiz Qur’an Ubay Bin Ka’ab Matur Hilia, Kecamatan Matur atas nama Gimela Salsabilla Pasha yang hafal delapan jus untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

“Kita akan upayakan bagaimana ia bisa mendapat beasiswa untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi,” katanya.

Gimela Salsabilla Pasha masih duduk di bangku kelas XI di SMAN 1 Matur, bahkan sejak MTs ia selalu peroleh nilai tertinggi.

"Saya bersyukur mendapat perhatian dari Bupati Agam untuk kelangsungan pendidikannya. Saya bercita-cita melanjutkan pendidikan di UNAND, dengan jurusan kedokteran,” kata anak pertama dari tiga bersaudara itu.

Ia mengakui, ibunya seorang PNS di Puskesmas Matur, namun sejak 2015 menderita stroke, sehingga tidak efektif lagi untuk bekerja. Sedangkan ayahnya tidak memiliki pekerjaan tetap.

“Maka saya ingin cita-cita menjadi dokter dapat tercapai, agar bisa mengobati dan merawat ibu di rumah,” katanya.