Binaragawan Ade Rai ajak masyarakat biasakan hidup sehat selama 21 hari

id startup Fita,program kesehatan,program fitness,ade rai,hidup sehat ade rai,tips hidup sehat,tips fitness

Binaragawan Ade Rai ajak masyarakat biasakan hidup sehat selama 21 hari

Ilustrasi program “Healthy Living by Ade Rai” dalam aplikasi Fita. (ANTARA/HO-Fita)

Jakarta (ANTARA) - Binaragawan Ade Rai bersama perusahaan rintisan (startup) Fita mengajak masyarakat untuk membangun kebiasaan hidup sehat sehari-hari selama 21 hari melalui program “Healthy Living by Ade Rai” yang dapat diunduh di Apple App Store.

Ade Rai mengatakan program didesain untuk membantu pengguna membangun pola hidup sehat dengan memahami lebih jauh tentang tubuh manusia untuk mencapai hasil fitness yang lebih maksimal.

Program tersebut berfokus untuk mencapai komposisi tubuh ideal, yaitu memiliki massa otot yang banyak dengan kadar lemak yang sedikit.

“Banyak orang ingin menurunkan berat badan (weight loss), padahal sebenarnya yang dimaksud adalah menurunkan kadar lemak (fat loss) karena massa otot tetap harus dijaga,” kata Ade Rai yang juga menjadi Co-Creator Fita melalui siaran pers di Jakarta, Rabu.

Komposisi tubuh merupakan konsep penting yang harus dimengerti sebelum menentukan tujuan akhir kebugaran. Ade Rai menjelaskan bahwa tubuh manusia terdiri dari otot, tulang, organ, cairan atau air, serta lemak. Otot, tulang, organ, dan cairan termasuk dalam kelompok fat-free mass atau lean body mass, yaitu bobot tubuh murni tanpa berat lemak.

Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi massa otot seperti tinggi badan, level kebugaran, suku, dan ras. Untuk laki-laki, massa otot dapat dikatakan baik jika persentasenya berada di angka 40-44 persen untuk usia 18-35 tahun, 36-40 persen untuk usia 36-55 tahun, 32-35 persen untuk usia 56-75 tahun, serta tidak jauh dari 31 persen untuk usia 76-85 tahun.

Sementara untuk perempuan, persentase massa otot idealnya adalah 31-33 persen untuk usia 18-35 tahun, 29-31 persen untuk usia 36-55 tahun, 27-30 persen untuk usia 56-75 tahun, serta tidak terlampau jauh dari angka 26 persen saat usia 76-85 tahun.

Sementara itu, Chief Executive Officer Fita Reynazran Royono menambahkan bahwa program “Healthy Living by Ade Rai” dirancang tidak hanya menyediakan pemahaman mengenai komposisi tubuh, peran massa otot untuk membakar lemak dan kesehatan tulang, melainkan juga tips menjadikan olahraga sebagai kebiasaan, manfaat dari perencanaan makanan dan mindful eating, hingga tips intermittent fasting.

Ia mengatakan program tersebut akan berlangsung selama 21 hari mengingat secara teori jika seseorang selama 21 hari melakukan sesuatu hal yang baru, yang berbeda dari kebiasaan sebelumnya atau belum pernah dilakukan sebelumnya, maka orang tersebut akan memiliki kebiasaan baru.

“Kenapa hanya 21 hari, karena waktu ini cukup untuk melihat perubahan yang signifikan,” ujar Reynazran.

Selain program “Healthy Living by Ade Rai”, Fita sendiri juga menyediakan program kesehatan lainnya yang sudah melalui proses akreditasi oleh certified coach dari APKI, seperti Signature Weight Loss, Mulai Olahraga bersama Melanie Putria, program Weight Loss ala Kemal Mochtar, dan yang terbaru adalah program Eat Well & Healthy oleh Kerenina Sunny.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Ade Rai ajak masyarakat bangun kebiasaan hidup sehat selama 21 hari