Jamin ketersediaan stok, Bupati Dharmasraya ajak ASN rutin donor darah

id Bupati dharmasraya,sutan Riska Tuanku Kerajaan,Donor darah dahrmasraya

Jamin ketersediaan stok, Bupati Dharmasraya ajak ASN rutin donor darah

Bupati Sutan Riska saat melakukan Donor Darah, Senin (9/5). (Antara/HO-Humas Dharmasraya) 

Pulau Punjung (ANTARA) - Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan mengajak Aparatur Sipil Negara (ASN) dil lingkup pemerintah setempat agar melaksanakan donor darah secara rutin untuk menjamin ketersediaan stok darah di daerah itu.

Imbauan tersebut disampaikan bupati saat pelaksanaan Apel Gabungan Bulan Mei 2022 di halaman Kantor Bupati Dharmasraya pada hari pertama kerja setelah Idul Fithri 1443 H.

"Kalau ASN rutin melakukan donor tidak akan ada lagi warga yang kesulitan mencari pendonor kalau sewaktu-waktu dibutuhkan. Saya harap ini bentuk peduli bersama sehingga masyarakat akan sangat terbantu," katanya di Pulau Punjung, Senin.

Menurut dia stok darah di PMI terkadang hanya tiga atau empat kanton pada setiap golongan darah, bahkan stok untuk golongan tertentu dapat kosong sama sekali, kondisi ini menjadi Kendala jika masyarakat membutuhkan.

Ia menyebutkan upaya lain untuk mengatasi kelangkaan itu, PMI Dharmasraya sudah mengadakan satu unit bus untuk memudahkan masyarakat mendonorkan darahnya.

"Donor darah keliling

ke depannya akan ke dinas-dinas dan ruang-ruang publik lain untuk menghimpun darah dari pendonor. Sehingga para pendonor tidak perlu repot lagi ke PMI, cukup di pelayanan keliling," ujarnya.

Menurut dia mendonorkan darah memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, seperti pemeriksaan kesehatan gratis, membakar kalori, meningkatkan kesehatan jantung, mengurangi kadar zat besi, mendorong produksi sel darah, dan membantu menyehatkan organ hati, dan lainnya.

Pada kesempatan itu, bupati berterimakasih serta memberi penghargaan kepada semua kalangan yang telah menerapkan protokol kesehatan selama melaksanakan cuti lebaran tahun ini.

"Semoga ini menjadi petanda kebaikan bagk kita semua untuk membangun kebersamaan, kekompakkan dan semangat dalam membangun Dharmasraya ke depannya" ujarnya.

Ia berharap setelah Idul Fitri para ASN dapat melaksanakan tugas pokok, dan fungsi yang diamanahkan dengan baik sehingga memberi pengabdian terbaik untuk Kabupaten Dharmasraya.

Bupati juga mengucapkan terima kasih kepada ASN dan petugas gabungan yang telah melaksanakan tugas pengamanan di posko Idul Fitri. Sehingga pelaksanaan Idul Fitri di Kabupaten Dharmasraya berjalan dengan aman, lancar dan sukses.