Wabup: Pilwana Tanah Datar berjalan aman dan taat prokes

id pilwana tanah datar,pilwana serentak,tanah datar

Wabup: Pilwana Tanah Datar berjalan aman dan taat prokes

Wakil Bupati Tanah Datar, Sumatera Barat Richi Aprian disaat peninjauan Pilwanag serentak 2021 di Nagari Lawang Mandahiliang Kamis. (Antara/Etri Saputra)

​​​​​​​Batusangkar, (ANTARA) - Pelaksanaan Pemilihan Wali Nagari (Pilwana) serentak 2021 di 11 Kecamatan di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat berjalan aman dan lancar sesuai dengan protokol kesehatan COVID-19.

"Kami tadi sudah keliling di beberapa tempat di Tanah Datar yang mengikuti pemilihan wali nagari Alhamdulillah semuanya berjalan aman dan lancar," kata Wakil Bupati Tanah Datar, Sumatera Barat Richi Aprian disaat peninjauan Pilwana serentak 2021 di Nagari Lawang Mandahiliang Kamis.

Ia mengatakan dalam peninjauannya ke beberapa Tempat Pemilihan Suara (TPS) diantaranya di Sungai Tarab, Simpuruik, Sungayang, dan Lawang Mandahiliang yang harus diperhatikan adalah protokol kesehatan, dan dilokasi pemilihan suara harus bersih dari atribut.

Panitia penyelenggara harus menyediakan alat pengukur suhu tubuh, memakai masker dan ruang khusus bagi masyarakat yang melebihi batas suhunya disiapkan ruang khusus.

"Alhamdulillah di Nagari Lawang Mandahiliang tadi saya masuk diukur suhunya dan juga disiapkan ruangan bagi masyarakat yang melebihi suhunya untuk menyalurkan haknya," katanya.

Ia mengatakan di Nagari Lawang Mandahiliang untuk menghindari kerumunan polanya dibagi tiga jam, yakni jam delapan sampai jam 11 sesuai undangan masing-masing.

Wabub juga mengapresiasi antusias masyarakat untuk menyalurkan hak pilihnya pada Pilwanag 2021 sangat tinggi, dan bagi warga yang belum diimbau untuk datang ke tempat pemilihan suara.

"Kalau antusias masyarakat sangat tinggi tapi saya juga mengimbau kepada perangkat nagari untuk mengimbau kembali masyarakat kita yang belum ke TPS," kata wabub.

Ia mengatakan pada pelaksanaan pemilihan wali nagari serentak di Tanah Datar akan dilaksanakan hari ini Kamis,16/12 diikuti sebanyak 21 nagari di 11 kecamatan dengan jumlah bakal calon (bacalon) sebanyak 93 orang dan TPS sebanyak 232.

Salah seorang panitia Pemilihan Wali Nagari Lawang Mandahiliang Raflis mengatakan pelaksanaan Pilwanag serentak di Nagari itu telah sesuatu protokol kesehatan.