Tim PkM Unand Bersama Rimbun Espresso & Brew Bar Gelar Workshop Pengembangan Kopi Ramah Lingkungan di Bukit Gompong

id Bukik gompong,kopi

Tim PkM Unand Bersama Rimbun Espresso & Brew Bar Gelar Workshop Pengembangan Kopi Ramah Lingkungan di Bukit Gompong

Peserta work shop antusias menambah pengetahuan tentang kopi. (ANTARA/Tim Pengabdian Masyarakat Unand)

Padang (ANTARA) - Tim Pengabdian Universitas Andalas, bersama dengan RIMBUN Espresso & Brew Bar, baru saja menyelenggarakan workshop inovatif dengan tema “Peningkatan Nilai Tambah Komoditi Perkebunan berbasi Kopi Yang ramah Lingkungan”. Workshop ini ditujukan kepada anggota kelompok tani Bukit Gompong, Nagari Koto Gadang Guguk Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok, yang selama ini dikenal sebagai produsen kopi organik dengan kualitas tinggi.

Kegiatan yang berlangsung di RIMBUN Espresso & Brew Bar ini berfokus pada pengenalan dan penerapan teknologi mesin roasting biji kopi. Teknologi ini diharapkan dapat membantu petani dalam proses roasting, yang merupakan salah satu tahap krusial dalam menghasilkan kopi berkualitas premium. Dengan memanfaatkan mesin roasting biji kopi, diharapkan para petani dapat melakukan roasting dengan lebih konsisten dan menghasilkan biji kopi yang memiliki cita rasa optimal.

Dalam workshop ini, para peserta tidak hanya mendapatkan pengetahuan teoretis, tetapi juga praktek langsung dalam mengoperasikan mesin roasting. Workshop dipandu oleh ahli kopi dari RIMBUN Espresso & Brew Bar yang memiliki pengalaman luas dalam industri kopi. Para petani diajak untuk mencoba langsung proses roasting dan memahami bagaimana pengaturan suhu dan waktu roasting dapat memengaruhi rasa akhir kopi.

Kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen Universitas Andalas untuk memberdayakan masyarakat, khususnya kelompok tani, melalui penerapan teknologi tepat guna. “Dengan teknologi ini, kami berharap petani kopi di Bukit Gompong dapat meningkatkan produktivitas dan kualitas produk mereka, sehingga dapat bersaing di pasar yang lebih luas,” Ujar Tivany edwin sebagai ketua Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Universitas Andalas.

Para peserta workshop juga mengapresiasi kegiatan ini karena mendapatkan ilmu baru yang bermanfaat dan berharap teknologi roasting biji kopi ini dapat segera diimplementasikan dalam produksi sehari-hari. Salah satu anggota kelompok tani Bukik Gompong Adif Bayu Tirta mengungkapkan rasa terima kasihnya, “Kami sangat berterima kasih kepada Universitas Andalas dan RIMBUN yang sudah memfasilitasi kegiatan ini. Sehingga melalui kegiatan ini Bukik gompong sebagai penghasil cerry kopi dapat meningkatkan nilai tambah produk melalui penerapan teknologi roasting ini.”

Kegiatan ini diakhiri dengan sesi tanya jawab interaktif, di mana para petani berdiskusi langsung dengan para ahli mengenai proses pengolahan kopi hingga dikonsumsi. Selain itu, mereka juga diberikan kesempatan untuk mempelajari teknik dalam menentukan cita rasa kopi.

Kolaborasi antara Universitas Andalas dan RIMBUN Espresso & Brew Bar ini merupakan langkah awal dari rencana jangka panjang untuk mendukung pengembangan industri kopi di Sumatera Barat. Diharapkan, ke depannya akan ada lebih banyak kegiatan yang serupa untuk memperkuat kapasitas petani kopi lokal.*