Lomba bertutur tentang kehidupan pribadi Bung Hatta diikuti antusias pelajar di Bukittinggi

id Lomba bertutur Bung Hatta,bukittinggi,sumbar,Proklamator dan Pahlawan NasionalMuhammad Hatta,rumah kelahiran Proklamator dan Pahlawan NasionalMuhammad

Lomba bertutur tentang kehidupan pribadi Bung Hatta diikuti antusias pelajar di Bukittinggi

Acara lomba bertutur atau bercerita tentang kehidupan pribadi Bung Hatta di Bukittinggi. (Antara/Alfatah)

Bukittinggi, (ANTARA) - Lomba bertutur atau bercerita tentang kehidupan pribadi Tokoh Proklamator dan Pahlawan Nasional Muhammad Hatta diikuti antusias oleh puluhan perwakilan pelajar di Kota Bukittinggi.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) diikuti oleh pelajar SD, SMP dan SMA sederajat bertempat di Museum Rumah Kelahiran Bung Hatta di Kota Bukittinggi selama dua hari mulai Senin dan Selasa (30/11).

Kabid Kebudayaan Disdikbud Kota Bukittinggi, Mul Akhiar mengatakan Lomba Bertutur dilatarbelakangi dari hasil seminar kelahiran Bung Hatta yang dilakukan beberapa waktu lalu di Bukittinggi dan sebagai pengingat kepahlawanan menuju Hari Jadi ke- 237 Kota Bukittinggi .

"Ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan seminar kelahiran Bung Hatta, bagaimana kita mengisi kemerdekaan yang telah diperjuangkan beliau dengan mengingat ketokohannya secara pribadi yang dimulai dari rumah kelahirannya ini," kata Mul Akhiar di Bukittinggi, Senin.

Ia mengatakan, Bung Hatta adalah sosok yang disegani oleh siapapun mulai dari daerah, nasional hingga dunia dan diharapkan dari lomba bertutur itu muncul tokoh baru yang muncul dari inspirasi cerita yang disampaikan.

"Peserta untuk hari ini ada sekitar 40 pelajar dari setiap sekolah yang mendaftar, akan terus bertambah, kita tularkan kepribadian dan ketokohan Bung Hatta kepada pelajar kita," kata dia.

Lomba ini menampilkan peserta dengan bertutur dan bercerita semenarik mungkin dengan tema perjalanan hidup Bung Hatta sejak lahir di Bukittinggi, usia remaja di Padang hingga perjuangan kemerdekaan selama di Jakarta dan menuntut ilmu di Belanda.

"Kita antusias dengan Lomba Bertutur ini, pelajar bisa mengaplikasikan ilmunya dalam bercerita dan berbicara di depan umum serta memahami dan memaknai perjuangan pahlawan khususnya Bung Hatta yang merupakan putra daerah Bukittinggi sebagai kebanggaan kita bersama," kata pendamping pelajar dari sekolah peserta, Yanti.

Peserta Lomba Bertutur tampil seorang diri atau berkelompok dengan durasi penampilan maksimal enam menit dan peserta kategori SMA sederajat, peserta tampil seorang diri atau berkelompok dengan durasi penampilan maksimal tujuh menit.

Pemenang akan diumumkan pada tanggal 30 November 2021 dan bagi pemenang akan mendapatkan hadiah berupa uang tunai, piala dan piagam per setiap kategorinya. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2022