PKM Faterna Unand Susun Program Pengembangan Usaha Ternak Itik Pitalah di Nagari Surian, Kabupaten Solok

id Itik pitalah

PKM Faterna Unand Susun Program Pengembangan Usaha Ternak Itik Pitalah di Nagari Surian, Kabupaten Solok

PKM Faterna Unand Susun Program Pengembangan Usaha Ternak Itik Pitalah di Nagari Surian, Kabupaten Solok. (ANTARA/ist)

Arosuka (ANTARA) - Itik Pitalah merupakan salah satu plasma nutfah dari Sumatera Barat yang hidup dan berhabitat tersebar di Provinsi tersebut.

Itik yang berasal dari Nagari Pitalah, Kabupaten Tanah Datar ini telah ditetapkan penetapan galurnya sesuai dengan Keputusan Menteri Pertanian nomor: 2923/Kpts/OT.140/6/2011.

Secara habitat Itik Pitalah merupakan unggas yang cocok dibudidayakan di dataran sedang dan tinggi sehingga memiliki potensi untuk dikembangkan di daerah dengan karakteristik sama seperti di Nagari Surian, Kabupaten Solok.

Nagari Surian ini berada di Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Solok, dengan luas 170 kilometer persegi dengan ketinggian 1026 mdpl. Secara topografi nagari ini mempunyai daerah yang relatif datar.

Saat ini usaha peternakan itik di nagari Surian memiliki potensi yang cukup besar untuk dikembangkan. Namun mayoritas peternakan itik di nagari Surian masih dikelola dalam skala rumah tangga dengan populasi per kepala rumah tangga 10-15 ekor itik.

Hal ini disebabkan beternak itik masih menjadi usaha sampingan dan bukan pekerjaan utama bagi masyarakat yang umumnya bertani dengan komoditi bawang. Walaupun demikian dengan banyaknya peternakan itik di lokasi tersebut menjadikan budidaya itik pitalah lebih mudah berkembang.

Hal inilah yang menjadi alasan dari Tim Pengabdian Masyarakat dari Fakultas Peternakan Unand yang didukung oleh LPPM Unand dengan Skim "Program Kemitraan Masyarakat Membantu Usaha Berkembang" menyusun program untuk pengembangan Itik Pitalah ini di Nagari Surian.

Tim PKM Fakultas Peternakan yang diketuai oleh Linda Suhartati, S.Pt, M.Si beranggokatan Dr. Ir. Tertia Delia Nova, M.Si, Tevina Edwin, S.Pt, MP, Qurrata Aini, S.Pt, M.Pt mengadakan rangkaian pelatihan untuk peternak itik di Nagari Surian.

Pelatihan dilaksanakan dari Bulan Oktober-Desember 2021 yang terdiri atas beberapa kegiatan diantaranya Penyuluhan tentang prospek beternak itik, Pelatihan melakukan pembibitan dan aplikasi IB pada itik, pelatihan penetasan telur itik, penyuluhan Manajemen perkandangan dan pemeliharaan itik, pelatihan penyusunan formulasi ransum itik, serta pelatihan pengolahan telur itik menjadi telur asin dan telur pindang.

Kegiatan pelatihan yang diberikan bertujuan guna menambah pengetahuan serta skill dalam beternak itik, sehingga diharapkan peternak itik Nagari Surian dapat mandiri dan mengembangkan itik pitalah yang merupakan plasma nutfah Sumatera Barat.

Penulis,

Linda Suhartati, S.Pt., M.Si

Tim PKM Faterna Unand

2021

Sumber: Dokumentasi Pengabdian Masyarakat Nagari Surian, 2021