PKM Unand, Pengembangan Pakan Ternak Rumput Gajah (Pennisetum polystachion) di Kelompok Batu Kalang Indah Pesisir Selatan, Sumbar

id PkM Unand

PKM Unand, Pengembangan Pakan Ternak Rumput Gajah (Pennisetum polystachion) di Kelompok Batu Kalang Indah Pesisir Selatan, Sumbar

PKM Unand bantu pengembangan pakan ternak Rumput Gajah (Pennisetum polystachion) di Kelompok Batu Kalang Indah , Kab Pesisir Selatan, Sumatera Barat. (ANTARA/ist)

Padang, (ANTARA) - Rumput sebagai pakan ternak sapi atau disebut hijauan merupakan kebutuhan nutrisi utama bagi hewan memamah biak itu untuk tumbuh dan berkembang

Pentingnya hijauan untuk pakan ternak karena kebutuhan sapi akan hijauan adalah sebesar 10 persen dari Berat badan.

Pada kebiasaannya banyak peternak yang melepasliarkan sapi ke lapangan atau alam untuk mendapatkan kebutuhan nutrisinya sendiri.

Akan tetapi pada daerah tertentu seperti daerah wisata hal ini akan mengganggu kenyamanan orang berwisata selain juga merusak estetika kawasan wisata.

Seperti halnya di daerah Batu Kalang, Ampang Pulai Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan yang merupakan salah satu daerah wisata.

Dalam hal ini peternak banyak melepasliarkan sapi ke lingkungan untuk mendapatkan rumput yang mengakibatkan pengunjung wisata terganggu.

Hal ini menjadi persoalan sebab telah ada imbauan dari Pemda setempat untuk tidak melepasliarkan sapi ke lapangan dan dianjurkan dikontrol dengan pemberian nutrisi atau pakan yang tepat.

Hal inilah yang menjadi latar belakang enam orang dosen dari Universitas Andalas untuk melakukan pengabdian masyarakat di Batu Kalang Ampang Pulai Kecamatan Koto XI Tarusan Pesisir Selatan.

Keenam dosen tersebut yakni Dr. Ir. Tinda Afriyani, MP, (ketua), Dr. Juniarti, SP.MP

Nofrita Sandi, SP. MP, Ir. Oktanis Emalinda, MP , Dr. Ir. Teguh Budi Prasetyo, MS , dan Dr. P.K Dewi Hayati.

Dalam hal ini tim pengabdian melakukan penyuluhan kepada Kelompok Ternak Batu Kalang Indah tentang pembuatan pakan ternak atau hijauan dari jenis Rumput Gajah (Pennisetum polystschion) bagi sapi yang dibudidayakan.

Tidak hanya penyuluhan tim juga memberikan praktik langsung di lapangan cara pengembang biakkan rumput termasuk melihat lapangan yang cocok untuk penumbuhan rumput tersebut.

Kegiatan ini telah dilaksanakan pada Kamis 23 September 2021 di Batu Kalang Ampang Pulai.

Selain menyasar kelompok ternak Batu Kalang Indah , kegiatan ini juga mengundang peternak lain yang ada di Nagari Ampang Pulai.

Seperti latar belakang manfaat kegiatan ini untuk memberikan alternatif rumput atau hijauan bagi sapi yang diternakkan oleh kelompok di Batu Kalang Indah.
PKM Unand bantu pengembangan pakan ternak Rumput Gajah (Pennisetum polystachion) di Kelompok Batu Kalang Indah , Kab Pesisir Selatan, Sumatera Barat. (ANTARA/ist)
Mengingat rumput Gajah menjadi salah satu nutrisi baik bagi pertumbuhan dan perkembang biakkan sapi. Harapannya sapi yang dimiliki kelompok ternak dapat berkembang dan memiliki produktivitas dengan baik.

Sehingga usaha peternakan sapi di kawasan tersebut dapat berkembang yang implikasinya dapat meningkatkan taraf perekonomian masyarakat setempat.

Di samping itu dalam kampanye menjaga tempat wisata, harapannya kelompok ternak tidak sembarang lagi melepasliarkan sapi di lokasi wisata yang menganggu kenyamanan wisatawan atau pengunjung.

Kegiatan ini berdasarkan sumber pendanaan dari Dana PNBP dengan nomor kontrak Nomor : T/40/UN.16.17/ PT.PKM.MUD/ 2021 Tanggal 10 september 2021.

*Dr. Ir. Tinda Afriyani, MP, , Dr. Juniarti, SP.MP , Nofrita Sandi, SP. MP ,Ir. Oktanis Emalinda, MP ,Dr. Ir. Teguh Budi Prasetyo, MS, dan Dr. P.K Dewi Hayati

Pewarta :
Editor: Miko Elfisha
COPYRIGHT © ANTARA 2021