UNP jadi tuan rumah Rapat Koordinasi Rektor PPTKN 2021

id UNP

UNP jadi tuan rumah Rapat Koordinasi Rektor PPTKN 2021

Rektor UNP Prof Ganefri, Ph.D menyampaikan laporan kegiatan pada Rapat Koordinasi Rektor PPTKN 2021 di Batam. (ANTARA/Humas UNP)

Padang (ANTARA) - Universitas Negeri Padang (UNP) menjadi tuan rumah pada Rapat Koordinasi Rektor Perkumpulan Perguruan Tinggi Kependidikan Negeri (PPTKN) tahun 2021, yang digelar selama dua hari 16-17 Oktober 2021 di Aston Hotel & Resort Kota Batam.

Kegiatan rakor tersebut dibuka oleh Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK), Irwan Syahril, Ph.D dan dihadiri oleh Rektor beserta wakil Rektor, yang berasal dari 12 LPTK Negeri yang ada di Indonesia.

Ketua Forum Rektor PPTKN, Prof Ganefri, Ph.D ketika menyampaikan laporannya selaku ketua pelaksana kegiatan ini mengatakan kegiatan Rakor bertujuan untuk sharing informasi antara Perguruan Tinggi LPTK.

"Sekaligus wujud dari input yang diberikan oleh Dirjen GTK, agar LPT tetap fokus koor bisnisnya, yakni komitmen dalam menghasilkan calon-calon pendidik profesional dan pelaksanaan tridharma perguruan tinggi untuk meningkatkan kualitas pendidikan nasional," ucapnya.

Sementara itu Dirjen GTK Irwan Syahril, Ph.D dalam pemaparannya mengingatkan Perguruan Tinggi LPTK untuk melakukan transformasi pendidikan guru dengan semangat merdeka belajar dam sekaligus menyampaikan perubahan kebijakan untuk akselerasi dan Transformasi pendidikan guru.

Keluarnya Permendikbudristek No.28 Tahun 2021 tentang SOTK, melahirkan adanya satu Direktorat baru, yaitu Direktorat Pendidikan Profesi Guru (PPG).

Sehingga lanjutnya, perlu revitalisasi LPTK yang berfokus pada penguatan pendidikan guru yang berfokus pada peningkatan SDM di Perguruan Tinggi untuk Dosen LPTK, melalui beasiswa khusus untuk pendidikan guru, visiting scholars khusus untuk pendidikan guru dan studi banding ke program pendidikan guru terbaik di dunia.

Dalam Rakor tersebut juga tampil sebagai pembicara, Dirjen Dikti, Prof Ir Nizam, Ph.D yang memaparkan tentang Perubahan LPTK menjadi PTNBH, juga Direktur Belmawa Aris Junaidi, Ph.D yang menyampaikan materi tentang Pencapian Indeks Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi.

Kemudian, Direktur SDM Kemendikbudristek Dr Mohammad Shofwan Effendi menjelaskan tentang perubahan dan pengembangan SDM di Lingkungan Kemendikbudristek termasuk di Perguruan Tinggi.

Untuk kegiatan tanggal 17 Oktober diisi dengan pemaparan dan diskusi oleh Ketua Pelaksana Uji Kompetensi Mahahasiswa PPG (UKMPPG) Kemendikburistek, Prof Dr Syawal Gultom, yang membawakan materi terkait isu dan perkembangan model pelaksanaan PPG pada tahun 2022 nanti.
Pewarta :
Editor: Miko Elfisha
COPYRIGHT © ANTARA 2021