PLN Solok edukasi siswa tentang budaya kerja industri

id PLN, SMK, edukasi kelistrikan, UP3 Solok

PLN Solok edukasi siswa tentang budaya kerja industri

PLN Solok edukasi siswa tentang budaya kerja industri di SMK Dharmasraya. (ANTARA/HO-PLN)

Dharmasraya (ANTARA) - PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Solok adakan kegiatan PLN Mengajar di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Sungai Rumbai, Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat.

Hadir dalam kegiatan tersebut jajaran manajemen PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Sungai Rumbai sebagai unit di bawah koordinasi UP3 Solok, Kepala SMK Negeri 1 Sungai Rumbai Desmen Afriadi, Kaprodi Teknik Mesin Politeknik Negeri Padang (PNP) Rakiman selaku pembimbing SMK PK, Pimpinan CV Sangkakala Alat Peraga Maidi Syahrial, dan Kabid Dinas Koperindag Kab Dharmasraya Elvi, pada 2 September 2021.

Kegiatan ini merujuk peraturan pemerintah, dimana SMK merupakan pelaksana Program Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan (SMK PK).

Salah satu program SMK PK adalah memiliki Link and Super Match dengan industri agar budaya industri mampu diserap oleh siswa.

Berangkat dari itu, SMK Negeri 1 Sungai Rumbai bersama PLN selenggarakan acara PLN Mengajar bertema; Budaya Kerja Industri dan Peluang serta Tantangan Budaya Industri.

Pada pemaparannya, PLN ULP Sungai Rumbai diantaranya menyampaikan mengenai budaya perusahaan PLN, baik visi misi PLN yang bertujuan untuk menjadi perusahaan terkemuka se-Asia Tenggara dan nomor 1 pilihan pelanggan untuk solusi energi, Core Value PLN yang terdiri dari Amanah Kompoten Harmonis Loyal Adaptif Kolaboratif (AKHLAK), kemudian budaya Tenacious Rules yaitu; landasan perilaku-perilaku positif insan PLN.

PLN Solok edukasi siswa tentang budaya kerja industri di SMK Dharmasraya. (ANTARA/HO-PLN)


Dedek Rahmad Hidayat, Supervisor Pelayanan Pelanggan ULP Sungai Rumbai yang merupakan salah satu pemateri, pun mengedukasi siswa mengenai bahaya listrik serta pentingnya pembayaran listrik tepat waktu terhadap perputaran industri PLN.

‘’Kami percaya generasi muda lebih mudah diedukasi dengan proses bisnis PLN yang bersifat sebab akibat. Mereka juga merupakan pelanggan potensial PLN di masa yang akan datang. Calon-calon pengambil keputusan bisa jadi ada di ruangan PLN Mengajar tadi,’’ sebut Dedek.

Pada kesempatan yang sama, PLN mengedukasi siswa tentang era disrupsi teknologi, dimana PLN menjawab era tersebut dengan satu produk digital yaitu PLN Mobile. PLN Mobile memberikan berbagai kemudahan.

‘’PLN Mobile merupakan bagian dari transformasi PLN untuk memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan. Diantaranya layanan kemudahan, layanan kecepatan, dan keterbukaan informasi,’’ sebut Dedek.

Sigit Hari Wibowo, Manager UP3 Solok berharap, kegiatan PLN Mengajar dapat memberikan manfaat dan pemahaman baru siswa mengenai budaya kerja di PLN.

‘’Terima kasih untuk antusias teman-teman siswa SMA Negeri 1 Sungai Rumbai. Semoga memberi tambahan pengetahuan. Kami juga melihat ada teman-teman yang tertarik bergabung dengan industri PLN, semoga semakin semangat setelah pemaparan dari PLN,’’ lanjutnya.*

PLN Solok edukasi siswa tentang budaya kerja industri di SMK Dharmasraya. (ANTARA/HO-PLN)
Pewarta :
Editor: Siri Antoni
COPYRIGHT © ANTARA 2021