Dosen di LLDIKTI-X dapat ikuti Pekerti-AA melalui 3 PTN ini

id LLDIKTI-X

Dosen di LLDIKTI-X dapat ikuti Pekerti-AA melalui 3 PTN ini

Sekretaris LLDIKTI Wilayah X, Yandri saat memaparkan tentang Pekerti dan AA di Padang, Kamis. (ANTARA/Mutiara Ramadhani)

Padang (ANTARA) - Dosen Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang ingin ikuti kegiatan Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional dan Applied Approach (Pekerti-AA) dapat mendaftar pada 3 Perguruan Tinggi yang berada di bawah Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X.

"Dosen yang ingin ikut pelatihan Pekerti-AA bisa langsung mendaftar ke salah satu Perguruan Tinggi Negeri ini yaitu Universitas Negeri Padang, Universitas Andalas dan Universitas Riau," kata Sekretaris LLDIKTI Wilayah X Yandri. A, MH., di Padang, Kamis.

Program pelatihan Pekerti dan AA menjadi salah satu upaya untuk bisa terus mengikuti perubahan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dinamis.

Program itu ditujukan untuk dosen agar bisa meningkatkan keterampilan atau kemampuan pedagogik yang dimiliki.

Yandri mengatakan saat ini yang berhak melaksanakan Pekerti-AA adalah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang telah ditunjuk oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Ia mengatakan di Indonesia ada sekitar 53 PTN yang ditunjuk oleh Kementerian sebagai lokasi pelatihan Pekerti dan AA. Dosen bisa memilih perguruan tinggi terdekat untuk ikuti pelatihan itu.

Sekretaris Lembaga menyampaikan sebelumnya untuk pelatihan dosen PTS, LLDIKTI Wilayah X bekerja sama dengan PTN terkait untuk penyelenggaraan pelatihan tersebut, namun dengan adanya beberapa perubahan, dosen PTS harus mendaftar langsung ke PTN terkait.

"LLDIKTI Wilayah X tidak ada lagi menyelenggarakan pelatihan itu, akan tetapi, meskipun mendaftar langsung pada PTN penyelenggara, para dosen tetap melapor pada kami guna mengetahui sudah berapa banyak dosen yang ikut," ucapnya.

Lebih lanjut, ia mengemukakan dari 10 ribu dosen PTS baru sekitar 40 persen dosen yang sudah ikuti pelatihan tersebut.

Yandri mengimbau agar seluruh dosen di LLDIKTI Wilayah X dapat mengikuti pelatihan tersebut guna meningkatkan kualitasnya dalam proses pembelajaran.

Pelatihan Pekerti dan AA bagi dosen menjadi penting sebab selain berguna untuk meningkatkan kualitas juga menjadi syarat bagi dosen untuk bisa sertifikasi.