Jumlah masjid di Tanah Datar bertambah, mushala berkurang

id masjid,musala,tanah datar

Jumlah masjid di Tanah Datar bertambah, mushala berkurang

Masjid Raya Limo Kaum Tanah Datar (Antara/Etri Saputra)

​​​​​​​Batusangkar, (ANTARA) - Alih status musala menjadi Masjid Ukhuwah di Perumahan Koppas Bhakti di Nagari Limo Kaum, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat membuat jumlah masjid di daerah itu bertambah.

"Pasca diresmikan saat ini jumlah Masjid di Kabupaten Tanah Datar bertambah menjadi 324 unit, sementara jumlah musala berkurang menjadi 929 unit," kata Kepala Kantor Kemenag Tanah Datar Syahrul di Batusangkar usai peresmian Masjid Ukhuwah Rabu.

Ia mengatakan dengan alih status dari musala ke masjid diharapkan masyarakat di Perumahan Koppas selalu dan bahkan lebih menyemarakkan lagi kegiatan-kegiatan keagamaan di Masjid.

"Mari kita semarakkan masjid dengan berbagai kegiatan keagamaan, bila perlu kita dirikan koperasi masjid karena ini bisa meningkatkan partisipasi jamaah untuk meramaikan Masjid," katanya.

Ketua Komplek Perumahan Koppas Bhakti Gamal Dt. Tumangguang, mengatakan alih status mushala menjadi Masjid Ukhuwah didasari keinginan seluruh warga komplek.

Karena saat ini jumlah penduduk komplek sudah mencapai 140 Kepala Keluarga (KK) sehingga jumlah jamaah saat melaksanakan Shalat Ied juga selalu melimpah sampai ke halaman Mushalla, belum lagi ditambah jamaah yang ada di seputaran komplek.

Ia mengaku kedepannya Masjid Ukhuwah akan dijadikan sebagai pusat pendidikan agama bagi generasi muda dan juga sebagai tempat untuk melakukan berbagai kegiatan masyarakat khususnya kegiatan keagamaan.

"Harapan kami dengan kegiatan ini kami bisa menangkal penguruh buruk dari berbagai macam penyakit masyarakat serta perkembangan teknologi yang berakibat buruk bagi generasi muda," katanya.

Sementara Bupati Eka Putra mengatakan pembangunan fisik masjid bisa saja sudah selesai namun pembanguan non fisik dari sebuah rumah ibadah inilah yang harus terus diisi dan dikembangkan setiap waktu.

"Mari kita berjuang bersama-sama agar masjid kita ini memiliki jiwa yang bagus bangunannya, ramai jamaahnya, banyak kegiatan umat yang dilaksanakan didalamnya," katanya.

Bupati juga mengharapkan warga komplek Koppas selalu memakmurkan masjid dan pengurus dapat merancang beberapa program kegiatan peribadatan, majelis taklim, kegiatan remaja masjid, membuat perpustakaan, pembinaan ibadah sosial, peringatan hari besar islam dan hari nasional.