UNP bekerja sama dengan Polda Sumbar siapkan rumah sehat COVID-19

id UNP,Polda, rumah sehat, covid

UNP bekerja sama dengan Polda Sumbar siapkan rumah sehat COVID-19

Rektor UNP Prof Ganefri saat bersama Kepala Polda Sumbar Irjen. Pol. Drs. Toni Harmanto, M.H., di Padang. (Antara/Hmsunp)

Padang (ANTARA) - Universitas Negeri Padang (UNP) bekerja sama dengan Polisi Daerah (Polda) Sumatera Barat dalam menyiapkan Rumah Sehat COVID-19 yang berlokasi di Kampus II FIK UNP, Padang.

Rektor UNP Prof Ganefri, Ph.D di Padang, Jumat menyampaikan kerja sama tersebut dalam rangka mengantisipasi lonjakan COVID-19 yang terjadi di Sumbar.

"Terkait melonjaknya wabah COVID-19 ini, kami bersama Polda Sumbar menyiapkan beberapa Rusunawa dan Mess yang ada di UNP untuk disiapkan menjadi rumah sehat COVID-19," ujar dia.

Rektor mengatakan ada sebanyak 200 kamar yang disiapkan untuk menampung masyarakat yang terpapar COVID-19 serta juga ada sebanyak 176 kamar cadangan apabila sudah melebihi dari kapasitas yang disediakan.

Rumah Sehat itu sudah bisa ditempati dan fasilitas kamar sudah tersedia sesuai dengan standar perawatan pasien COVID-19 serta telah ada tenaga kesehatan yang berasal dari Rumah Sakit Bhayangkara.

Ia mengatakan penyediaan Rumah Sehat COVID-19 berawal saat Pemda meminta bantu pada perguruan tinggi dalam hal ini UNP untuk bersama-sama dengan Polda mengatasi pandemi COVID-19.

Kemudian, lanjutnya, dalam setiap rapat koordinasi juga telah disebutkan bahwa resort yang dimiliki oleh perguruan tinggi bisa dimanfaatkan oleh pemerintah.

Ganefri juga mengemukakan, pihaknya bekerja sama dengan Polda Sumbar sebab mereka memiliki personil yang luar biasa banyak dan berperan dalam menertibkan masyarakat untuk senantiasa patuh pada prokes.

"Polda merupakan salah satu garda terdepan dalam mengamankan dan meyakinkan masyarakat untuk patuh mengikuti protokol kesehatan dan saya lihat cukup banyak anggotanya yang terpapar.

Oleh sebab itu, lanjutnya, penyediaan Rumah Sehat COVID-19 ini adalah bagian dari

Program Polda Sumbar untuk ikut mengantisipasi langsung dengan menyediakan rumah-rumah untuk isolasi mandiri.

Peninjauan kesiapan Rumah Sehat COVID-19 di UNP itu langsung dihadiri oleh Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Barat, Irjen. Pol. Drs. Toni Harmanto, M.H., bersama Rektor UNP, Prof. Ganefri, Ph. D dan didampingi oleh Wakil Rektor II UNP, pada Kamis (15/7).

Rektor UNP berharap semoga apa yang dilakukan ini dapat bermanfaat untuk masyarakat Kota Padang dan Sumatera Barat dan dapat mencegah penularan COVID-19 yang meluas.