Bisnis Online Ramai, Strategi Apa yang Harus Dilakukan?

id toko daring, berita padang, berita sumbar

Bisnis Online Ramai, Strategi Apa yang Harus Dilakukan?

Campaign Creators on Unsplash (Antara/HO)

Padang (ANTARA) - Dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat, kini aktivitas berjualan tidak hanya bisa dilakukan secara langsung. Namun, sudah dapat berjalan melalui platform digital atau toko online. Jenis bisnis online yang satu ini sangat ramai peminatnya, terutama anak remaja hingga dewasa.

Kemudahan yang ditawarkan menjadi daya tarik tersendiri untuk sebagian besar pembeli atau customer. Keuntungan yang didapat bagi customer adalah mereka tidak perlu keluar rumah atau menuju tempat yang jauh agar bisa membeli suatu barang. Cukup klik-klik pada telepon pintar, maka barang pun datang. Strategi Membuat Bisnis Online Makin Ramai

Kemudahan para pembeli yang bertransaksi secara online juga dirasakan oleh pedagang online. Mereka tidak harus membuka toko fisik, menyewa bangunan, dan stok barang. Cukup posting di media sosial, website, atau platform marketplace sudah bisa mulai berbisnis.

Dengan kemudahan tersebut pastinya akan menarik sebagian besar pedagang offline untuk mencoba bisnis online. Sehingga, Anda harus memiliki strategi khusus untuk membuat bisnis online Anda semakin ramai. Mari simak 5 strategi pemasaran onlinenya berikut ini:

1. Membangun Brand

Saat toko online Anda semakin ramai, bangunlah sebuah brand. Hal yang dapat Anda lakukan mulai dari membuat logo, nama toko yang konsisten, tata letak produk, dan informasi lengkap tentang toko online Anda. Hal ini dapat meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap toko online Anda.

2. Menerapkan SEO

Optimalkan toko online Anda dengan SEO, agar para pelanggan atau calon pembeli dapat menemukan toko Anda dengan mudah, terutama pada penggunaan keyword. Keyword sangat berperan penting untuk menampilkan toko atau artikel Anda pada search engine.

3. Menggunakan Sosial Media

Gunakan platform media sosial Anda untuk mempromosikan bisnis online Anda yang sudah ramai. Mulai dari Instagram, Twitter, TikTok, Facebook, hingga LinkedIn. Namun, Anda harus menyesuaikan bahasa konten pada setiap platform media sosial. Karena target marketnya yang berbeda-beda.

4. Mengajak Teman untuk Review Produk

Sebagian besar calon konsumen akan lebih tertarik dengan produk yang memiliki bukti ulasan atau review dari pembeli lain. Hal tersebut dapat meningkatkan kepercayaan mereka terhadap suatu produk. Anda bisa meminta bantuan kepada teman terdekat Anda untuk mereview produk milik Anda.

5. Promosi Online Berbayar

Untuk lebih meramaikan toko online Anda, cobalah untuk melakukan promosi online berbayar seperti melalui Google Ads atau paid promote melalui media sosial. Jika Anda berpromosi melalui Google Ads, saat pengguna Google mengetik kata produk, maka toko Anda akan muncul pada bagian teratas.

6. Upgrade Hosting ke Cloud

Jika Anda sudah mempunyai website toko online sendiri, saat bisnis online Anda sudah ramai sebaiknya upgrade hosting ke cloud. Strategi ini akan sangat menguntungkan Anda sebagai pemilik bisnis online. Beberapa keuntungan yang ditawarkan oleh cloud hosting adalah:

  • Suatu teknologi yang membuat halaman website Anda selalu dalam keadaan online dan tidak mudah down. Walaupun pengunjung website sedang ramai.
  • Anda akan lebih mudah untuk mengelola website, karena tersedia beragam pengaturan yang mirip dengan layanan shared hosting.
  • Fitur keamanan yang cukup tinggi, sehingga situs website Anda dapat terhindar dari malware dan hacker.
  • Tersedia layanan bantuan ketika Anda upgrade hosting ke cloud.
Baik, itulah 6 strategi jitu ketika bisnis online Anda sudah ramai. Hal terpenting yang harus Anda lakukan adalah menjaga keamanan data pribadi Anda serta data konsumen. Dengan begitu konsumen merasa nyaman berbelanja pada toko online Anda.

Hal tersebut dapat Anda lakukan dengan menggunakan cloud Indonesia. Selain menjadi lebih aman, dan cepat, upgrade hosting ke cloud juga dapat membuat website Anda mudah dikelola dimana saja.

Pewarta :
Editor: Mario Sofia Nasution
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar