Bangun masyarakat berkepribadian religius dan berbudaya, Pemkot Solok dukung pesantren Ramadhan diikuti siswa SMA

id berita solok,berita sumbar,SMA

Bangun masyarakat berkepribadian religius dan berbudaya, Pemkot Solok dukung pesantren Ramadhan diikuti siswa SMA

Dokumen - Pelaksanaan Pesantren Ramadhan di Padang. (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)

Pada masa perkembangannya seorang remaja harus dibekali dengan pendidikan agama yang baik,
Solok (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Solok, Sumatera Barat mendukung pelaksanaan kegiatan pesantren Ramadhan 1442 Hijriah yang diikuti oleh seluruh siswa SMA dan SMK se-Kota Solok.

"Kami tentu sangat mendukung kegiatan seperti ini. Sebagai kota kecil dengan sebutan Kota Beras Serambi Madinah, pendidikan agama merupakan salah satu poin penting yang selalu ingin Kami tanamkan, terutama pada para generasi muda," kata Wakil Wali Kota Solok, Ramadhani Kirana Putra di Solok, Kamis.

Hal itu tergambar dari misi Kota Solok yang pertama, membangun masyarakat yang berkepribadian religius dan berbudaya melalui penguatan keimanan dan ketakwaan serta pengembangan nilai-nilai budaya.

Menurut dia pesantren merupakan salah satu dari sekian banyak lembaga pendidikan yang memberikan sumbangsih terhadap pembangunan keagamaan di Indonesia.

Pesantren juga menerapkan pendidikan karakter lebih dahulu dari pendidikan pada umumnya. Kita sadari bersama bahwa usia remaja adalah masa peralihan dari masa anak-anak menuju masa dewasa.

Pada masa ini, remaja mengalami beberapa perubahan yang terjadi baik secara fisik, psikologis, maupun sosial. Seiring perkembangannya, remaja mulai bereksplorasi dengan diri, nilai-nilai, identitas, peran dan perilakunya.

"Pada masa perkembangannya seorang remaja harus dibekali dengan pendidikan agama yang baik, serta didukung dengan kegiatan-kegiatan yang kreatif dan positif," ujar dia.

Selain itu, Dhani juga berpesan kepada para peserta agar mengikuti setiap rangkaian kegiatan pesantren Ramadhan dengan ikhlas dan sungguh-sungguh. Fokus menerima setiap materi yang disampaikan dan cermat mengambil hikmah dari informasi dan wawasan yang telah disampaikan.

"Dengan kegiatan Pesantren Ramadhan ini, diharapkan Kota Solok akan memiliki generasi muda yang bertakwa serta berakhlakul karimah, yaitu generasi yang kuat imannya, mantap ilmunya, baik amalnya, dan mulia akhlaknya," ujar dia.

Kegiatan pesantren Ramadhan tersebut digagas oleh Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat dan Biro Bina Mental Sekretariat Daerah Provinsi Sumatera Barat, bekerja sama dengan Lembaga Pembinaan Pendidikan Madani Sumatera Barat (LPPM-SB) Kota Solok.

Kegiatan tersebut diikuti oleh 110 orang peserta dari seluruh SMA dan SMK se-Kota Solok yang bertujuan untuk mewujudkan generasi muda Sumatera Barat yang kuat, taat dan berbudaya.

Dhani juga mengapresiasi Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat dan Biro Bina Mental Sekretariat Daerah Provinsi Sumatera Barat yang bekerja sama dengan LPPM-SB Kota Solok atas terselenggaranya pesantren Ramadhan tingkat Kota Solok.