Balimau, Polres Solok Selatan lakukan patroli sungai antisipasi kerumunan

id balimau,polres solok selatan

Balimau, Polres Solok Selatan lakukan patroli sungai antisipasi kerumunan

Kasat Lantas Polres Solok Selatan AKP Dwie Yulianto. (kasat)

Padang Aro (ANTARA) - Kepolisian Resor (Polres) Solok Selatan, Sumatera Barat melakukan patroli sungai menggunakan tiga unit perahu karet untuk antisipasi kerumunan massa saat balimau menjelang memasuki bulan suci Ramadhan 1442 Hijriah.

"Patroli dilakukan dengan cara menyusuri aliran sungai mulai dari Batang Liki hingga Batang Sangir menggunakan tiga perahu karet untuk antisipasi kerumunan sebagai langkah mencegah penularan COVID-19," kata Kapolres Solok Selatan AKBP Tedy Purnanto melalui Kasat Lantas AKP Dwi Yulianto, di Padang Aro, Senin.

Selain itu, polisi juga melakukan patroli darat di seluruh kecamatan guna mencegah kerumunan warga saat "balimau".

Untuk patroli air, personel yang diturunkan gabungan Lantas dengan Shabara sedangkan di darat hanya personil lantas.

Patroli sungai akan dimulai dari Sungai Batang Liki sampai ke Lubuk Gadang mulai pukul 16.00 Wib sampai Batang Sangir Nagari Lubuk Gadang Utara.

Pada saat patroli katanya, ditemukan keramaian bisa dibubarkan atau diberi imbauan agar selalu mematuhi protokol kesehatan.

"Patroli kami lakukan supaya bisa memantau langsung aktivitas masyarakat di Sungai yang melakukan tradisi Balimau," ujarnya.

Selain polisi, Pemerintah Daerah melalui Sat Pol PP juga melakukan patroli untuk mencegah kerumunan warga saat "balimau".

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Solok Selatan Epli Rahmat mengatakan, ada 20 orang petugas diturunkan untuk patroli dan dibagi menjadi dua wilayah Utara dan Selatan.

"Kebiasaan masyarakat Sumbar "balimau" menjelang Ramadhan berpotensi menimbulkan kerumunan. Oleh sebab itu dilakukan patroli ke lokasi wisata," katanya.