Rencana pembangunan pasar serikat C Batusangkar, Kemendag dan PUPR kunjungi Tanah Datar

id pasar atas batusangkar,tanah datar,kementerian perdagangan

Rencana pembangunan pasar serikat C Batusangkar, Kemendag dan PUPR kunjungi Tanah Datar

Pasar Serikat C Batusangkar, Kabupaten Tanah Datar. (Antara/Etri Saputra)

Batusangkar, (ANTARA) - Tim Kementerian Perdagangan dan Kementerian PUPR meninjau rencana pembangunan pasar serikat C Batusangkar di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, Selasa (9/2).

Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag) Tanah Datar Darfizal di Batusangkar, Rabu, mengatakan dalam kunjungan tersebut tim juga bertujuan untuk justifikasi terkait proposal yang sudah disampaikan ke Kementerian Perdagangan.

"Kita berharap kunjungan tim itu bisa menjawab terkait proposal yang sudah kita sampaikan ke Kementerian Perdagangan agar mendapatkan bantuan dana dan pembangunan Pasar Serikat C ini segera kita bangun," katanya.

Ia mengatakan terkait rencana pembangunan pasar atas Batusangkar tersebut sudah memasuki tahap pembahasan dan rencana pembangunan.

Untuk teknisnya direncanakan bangunan gedung itu akan ditingkatkan menjadi tiga lantai dengan bagian atasnya memiliki gonjong seperti rumah adat Minangkabau.

"Gonjong itu sebagai identitas lokal kita, yaitu tampilan rumah adat Minangkabau. Untuk daya dukung tanah sudah dilakukan sondir di enam titik," katanya.

Sementara Sekretaris Daerah (Sekda) Tanah Datar Irwandi mengatakan dibangunnya sebuah pasar yang semi modern di Batusangkar diharapkan mampu menunjang perekonomian termasuk pariwisata di kabupaten itu.

Untuk itu, ia berharap rencana pembangunan pasar ini segera bisa terwujud di 2021 dan berlanjut di tahun selanjutnya.

"Ini adalah angin segar bagi kita, sebuah kepastian dan harapan bagi kita bersama dibagunnya sebuah pasar yang semi modern yang akan mampu menunjang perekonomian termasuk pariwisata di daerah kita, dari itu kita berharap rencana pembangunan ini segera bisa terwujud," katanya.

Ia meminta kepada tim teknis dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait agar memiliki komitmen bersama terhadap pengelolaan pasar, baik dalam bentuk fisiknya maupun ekonomi dan budayanya.

"Pasar dihuni oleh orang-orang yang saling berinteraksi jadi pengelolaannya harus baik, jangan sampai bangunan fisik selesai megah tapi pengelolaannya tidak baik," katanya.