Kapolda Sumbar tanam bibit nilam di Nagari Supayang, Kabupaten Solok

id berita kabupaten solok,berita sumbar,nilam

Kapolda Sumbar tanam bibit nilam di Nagari Supayang, Kabupaten Solok

Penanaman Bibit nilam di lahan polda Sumbar, Nagari Supayang, Kecamatan Payung Sekaki, Kabupaten Solok, Sumatera Barat. (antarasumbar/HO)

Pada Maret 2021 kita akan mengembangkan kegiatan berupa pengelolaan sapi dan jagung manis,
Arosuka (ANTARA) - Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sumbar, Irjen Pol Toni Harmanto menanam bibit nilam di Nagari Supayang, Kecamatan Payung Sekaki, Kabupaten Solok, Sumatera Barat.

"Penanaman bibit nilam ini dilakukan dalam upaya pemanfaatan lahan Polda Sumbar bersama PT Sirukam Lubung Nagari," kata Toni Harmanto di Solok, Kamis.

Ia mengatakan minyak nilam sangat potensial untuk dikembangkan karena memiliki nilai komoditi yang baik dan besarnya peluang ekspor.

Ia berharap kegiatan ini mendapat dukungan dari Pemkab Solok dalam rangka pengembangannya ke depan.

Menurutnya di tengah pandemi COVID-19 kita mesti mecari peluang usaha dalam rangka peningkatan ekonomi dan juga membantu meningkatkan ekonomi masyarakat.

Pimpinan PT Sirukam Lubung Nagari Boy menyebutkan lahan yang diresmikan ini seluas 25 hektare yang terdiri atas 17 hektare sudah digarap untuk penanaman 4.000 pohon per hektare dan lahan cadangan sebanyak delapan hektare yang akan digarap selanjutnya.

Boy mengatakan untuk target panen perdana adalah selama enam bulan dan untuk panen berikutnya selama tiga bulan, begitu juga seterusnya.

"Selain itu, pada Maret 2021 kita akan mengembangkan kegiatan berupa pengelolaan sapi dan jagung manis karena lahan mendukung untuk pelaksanaannya," ucap dia.

Menurut Bupati Solok yang diwakili Sekda Kabupaten Solok, Aswirman lahan tersebut memang berpotensi dijadikan sebagai tempat bercocok tanam, khususnya bibit nilam.

"Semoga penanaman bibit nilam ini dapat berkembang ke depannya," kata dia.

Selain itu, Kapolres Solok Arosuka, AKBP Azhar Nugroho mengatakan kegiatan ini merupakan kegiatan yang kedua kalinya dihadiri oleh Kapolda Sumbar dalam rangka penanaman bibit nilam di Nagari Supayang, Kecamatan Payung Sekaki.

"Diharapkan kegiatan ini bisa menciptakan peluang kerja bagi masyarakat sekitar untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Kabupaten Solok umumnya," ucap dia.

Pewarta :
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar