Kabupaten Mukomuko Bengkulu periksa sampel tes usap COVID-19 di Unand Padang

id Mukomuko,unand,unand padang,periksa sampel covid-19

Kabupaten Mukomuko Bengkulu periksa sampel tes usap COVID-19 di Unand Padang

PMI samprotkan cairan disinfektan di Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko.(Foto Dok.Antarabengkulu.com)

Mukomuko, (ANTARA) - Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu melakukan pemeriksaan sampel usap COVID-19 warga daerah itu di Universitas Andalas (Unand) Padang yang bisa memberikan hasil lebih cepat.

“Kami sudah mulai memeriksakan sampel tes usap COVID-19 di sana di Padang,” kata Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Mukomuko Bustam Bustamo dalam keterangannya di Mukomuko, Minggu.

Satgas Penanganan COVID-19 Pemerintah Kabupaten Mukomuko sebelumnya menjalin kerja sama dengan Universitas Andalas Padang yang bisa memberikan hasil tes usap COVID-19 secara cepat.

Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Mukomuko Marjohan yang mewakili Satgas Penanganan COVID-19 daerah ini yang menandatangani MoU dengan Pemerintah Kota Padang.

Kemudian dilanjutkan penandatanganan MoU antara Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko dengan Unand terkait dengan pemeriksaan sampel usap COVID-19.

Satgas Penanganan COVID-19 daerah ini sebelum memutuskan untuk menjalin kerja sama dengan Unand Padang telah mengadakan rapat terkait solusi peralatan yang bisa mendapatkan hasil tes usap COVID-19 secara lebih cepat.

Dalam rapat tersebut disampaikan alat pemeriksaan tes usap atau swab di Rumah Sakit M Yunus Provinsi Bengkulu tidak mampu menampung sampel tes usap dari 10 kabupaten/kota.

Selama ini hasil tes usap dari daerah yang dikirim ke laboratorium di provinsi terlalu lama keluarnya, yakni selama 14 hari sehingga daerah ini tidak bisa cepat untuk melakukan penelusuran riwayat kontak pasien COVID-19.

Lamanya hasil tes usap keluar dari provinsi dapat membahayakan masyarakat di daerah ini terutama bagi mereka yang sudah kontak erat dengan pasien COVID-19 tanpa gejala.

Menurutnya, di Unand Padang masih memungkinkan menerima sampel tes usap dari daerah ini dan mereka masih bisa memberikan hasil tes usap COVID-19 secara cepat kepada daerah ini. (*)