Bagi Vinales memperbaiki diri lebih penting, bukan perebutan gelar MotoGP di GP Valencia

id motogp,maverick vinales,grand prix valencia

Bagi Vinales memperbaiki diri lebih penting, bukan perebutan gelar MotoGP di GP Valencia

Pembalap Monster Energy Yamaha Maverick Vinales mengangkat trofi juara di podium usai balapan MotoGP seri Emilia Romagna Grand Prix di Misano World Circuit Marco Simoncelli, Misano, Italia, Minggu (20/9/2020). Vinales berhasil menjadi juara diikuti pembalap Suzuki Joan Mir dan pembalap KTM Pol Espargaro. ANTARA FOTO/REUTERS/Jennifer Lorenzini/aww.

Jakarta, (ANTARA) - Perhatian Maverick Vinales di Grand Prix Valencia akhir pekan ini bukan lagi soal perebutan gelar namun bagaimana dia dan Yamaha bisa memperbaiki diri untuk tahun depan.

Pebalap Spanyol itu kini berada di peringkat empat klasemen dengan selisih 41 poin dari pebalap tim Suzuki Joan Mir dengan dua balapan tersisa.

Namun, setelah mendapati hasil mengecewakan di GP Eropa, yang juga digelar di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Vinales tahu di mana ia dan Yamaha harus berbenah.

"Saya rasa hal paling penting adalah saya memiliki jawaban yang jelas di mana kami harus lebih baik, itu hal terjelas di akhir pekan," kata Vinales di sesi jumpa pers GP Valencia, Spanyol, Kamis waktu setempat.

"Di trek basah kalian bisa melihat banyak hal dengan motor ini, jadi sangat penting untuk konsentrasi ketika balapan, di mana kami harus perbaiki diri dan membalap dengan gaya sendiri.

"Saya mampu memahami semuanya secara jelas. Kami memiliki arah sekarang," kata Vinales seperti dikutip laman resmi MotoGP.

Meski secara matematis Top Gun masih memiliki peluang untuk meraih titel, namun atensinya kini melampaui 2020 dan menuju 2021.

"Tentunya, kejuaraan sekarang telah dimenangi. Joan butuh hanya sedikit poin dan tentunya dia akan melakukannya.

"Sekarang, pola pikir kami adalah memperbaiki diri untuk tahun depan, karena kami tidak bisa terus dengan ketidakteraturan motor ini.

"Satu akhir pekan dengan daya cengkeram kami menang, di akhir pekan lainnya kami sangat kewalahan, jadi penting untuk kami untuk membenahi itu.

"Kami memiliki dua balapan lagi di dua trek yang berbeda, jadi saya rasa itu kesempatan baik untuk membuat perbaikan," kata Vinales.

Sedangkan berkat kemenangan perdananya di kelas premier GP Eropa, Mir semakin memperlebar jaraknya di pucuk klasemen menjadi 37 poin dari rival terdekatnya, Fabio Quartararo.

Dengan match point menuju GP Valencia akhir pekan ini, jika Mir finis di podium pada Minggu nanti, pebalap yang menjalani tahun keduanya di MotoGP itu, langsung otomatis mengunci gelar juara dunia, tak peduli di posisi mana rival-rivalnya finis.

Atau skenario termudahnya, Mir hanya perlu menjaga keunggulan minimal 26 poin dari rival terdekatnya setelah GP Valencia usai.

Rekan satu tim Mir, Alex Rins memiliki raihan poin yang sama dengan Quartararo, dan juga berambisi mengejar titel pertamanya bersama Suzuki. (*)

Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar