UNP buka jalur transfer tamatan D3 ke sarjana

id UNP, transper, d3 ke sarjana, beragam jurusan, sumbar terkini

UNP buka jalur transfer tamatan D3 ke sarjana

Wakil Rektor I UNP Dr. Refnaldi, M.Litt. (Ist)

Padang (ANTARA) - Universitas Negeri Padang (UNP) menerima mahasiswa baru jalur transfer program Diploma III ke Sarjana pada tahun akademik 2020/2021.

Sistem perkuliahan mahasiswa baru jalur transfer D3 ke Sarjana ada dua tergantung jumlah pendaftar dan kuota yang dibuka oleh masing-masing prodi, Wakil Rektor I Dr. Refnaldi, M.Litt di Padang, Rabu.

“Kalau jumlah mahasiswanya sedikit maka akan digabungkan dengan kelas yang sudah ada, namun jika jumlah mahasiswanya cukup satu kelas maka akan dibuka kelas khusus,” katanya.

Ia mengatakan bahwa jumlah mahasiswa dalam satu kelas biasanya ada sekitar 30 hingga 35 orang dan bila kuotanya kurang dari 30 orang maka akan ditempatkan pada kelas yang sudah ada.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa lamanya masa kuliah tergantung pada pengusulan penyetaraan mata kuliah yang disetujui dari transfer sebelumnya karena setiap yang tamat itu berbeda-beda kurikulumnya.

“Jika kurikulumnya sama persis dengan mata kuliah sebelumnya maka bisa saja mahasiswa tersebut menyelesaikan perkuliahan paling cepat 1 tahun, akan tetapi jika kurikulumnya tidak sama maka ada yang menyelesaikannya paling lama 3 sampai 4 tahun," ungkapnya.

Sementara itu, syarat pendaftaran adalah memiliki ijazah Diploma dengan prosedur pendaftaran dapat dilakukan dengan cara mendaftar pada website http://spmb.ac.id/transfer mulai tanggal 10 sampai 24 Agustus.

Setelah itu calon mahasiswa membayar uang pendaftaran sebesar Rp 250.000 dan mengupload portofolio serta pengumuman hasil seleksi pada tanggal 26 Agustus.

Kemudian, pendaftaran ulang dan pembayaran SPP dapat dilakukan mulai tanggal 26 sampai 28 Agustus serta perkuliahan dimulai tanggal 31 Agustus 2020.

Program studi yang menerima mahasiswa transfer yakni Kimia (NK), Pendidikan Teknik Elektro, Pendidikan Teknik Elektronika, Pendidikan Informatika dan Komputer, Pendidikan Teknik Mesin, Teknik Elektro Industri (NK, D4), Teknik Sipil (NK, S1), Teknik Pertambangan (NK, S1), Pendidikan Teknik Otomotif, Manajemen (NK, S1), Akuntansi (NK, S1), Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Manajemen Perhotelan (NK, S1), Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi.