Polda Sumbar luncurkan aplikasi layanan digital saat perayaan HUT Bhayangkara ke-74

id berita padang,berita sumbar,polda sumbar,kapolda sumbar,aplikasi daring,bhayangkara,hut

Polda Sumbar luncurkan aplikasi layanan digital saat perayaan HUT Bhayangkara ke-74

Peluncuran aplikasi Polda Sumbar dalam perayaan HUT Bhayangkara ke-74 di Mapolda Sumbar pada Rabu. (antarasumbar/Istimewa)

Semuanya akan ditindaklanjuti dengan baik sesuai prosedur yang ada. Laporan masuk akan langsung diproses secara seksama,
Padang (ANTARA) - Kepolisian Daerah Sumatera Barat (Polda Sumbar) meluncurkan aplikasi layanan digital E-Polda Sumbar yang memberikan pelayanan digital, baik secara internal maupun masyarakat luas dalam perayaan HUT Bhayangkara ke-74 di Markas Polda Sumbar.

Kapolda Sumatera Barat, Irjen Pol Toni Harmanto di Padang, Rabu, mengatakan aplikasi ini merupakan langkah dalam menyikapi era 4.0 yang serba digital sehingga pihaknya terus melakukan inovasi meningkatkan kapasitas dan pelayanan kepada masyarakat.

Ia menambahkan aplikasi ini akan memberikan kemudahan kepada masyarakat yang ingin membuat pengaduan masyarakat secara daring. Mulai dari pengaduan tindak pidana hingga pengaduan oknum anggota kepolisian yang nakal.

“Semuanya akan ditindaklanjuti dengan baik sesuai prosedur yang ada. Laporan masuk akan langsung diproses secara seksama,” ujar dia.

Selain itu aplikasi ini dilengkapi pemetaan mulai dari titik kebakaran hutan, lokasi rawan serta penempatan anggota kepolisian terdekat.

“Jika dalam kondisi darurat ada “panic button” yang memberikan sinyal butuh pertolongan dan petugas terdekat akan mendatangi korban,” kata dia

Ia menambahkan aplikasi ini terintegrasi antara pelayanan dan internal kepolisian sendiri sehingga mengubah kinerja yang berbasis digital sesuai kemajuan zaman.

Menurut dia saat ini aplikasi Polda Sumbar sudah dapat diunduh di aplikasi telepon pintar melalui play store. Dalam aplikasi ini ada sejumlah layanan mulai layanan kepolisian seperti E-Dumas, E-Office, E-Kinerja, Survei, pemberitaan Polda Sumbar dan lainnya.

“Kita berharap aplikasi ini dapat meningkatkan kinerja personel dan mempermudah pelayanan langsung kepada masyarakat,” ujar dia.