Tanah Datar susun protokol kesehatan sambut wisatawan saat "new normal"

id New normal,batusangkar, istana pagaruyung

Tanah Datar susun protokol kesehatan sambut wisatawan saat "new normal"

Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma. (ANTARA SUMBAR/Etri Saputra)

Batusangkar (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Tanah Datar Sumatera Barat bersiap menyambut kembali kedatangan wisatawan di seluruh destinasi wisata di daerah itu pada tatanan kehidupan baru yang dijalani selama dan setelah pandemi COVID-19 sesuai dengan protokol kesehatan.

"Untuk persiapan menuju new normal kita harus menyiapkan standar operasional prosedur (SOP) terkait kegiatan pariwisata dan pengelola destinasi maupun wisatawan," kata Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma di Batusangkar Minggu.

Ia mengatakan untuk menjalankan kenormalan baru ada beberapa hal yang akan di tindaklanjuti dan mesti diperhatikan di antaranya objek wisata, sekolah, pasar, tempat ibadah dan rumah makan dan beberpapa tempat keramaian lainnya.

Di lokasi keramaian tersebut harus dipersiapkan dengan perencanaan yang matang, mulai dari fasilitas sarana, petugas dan pengawasan objek wisata harus sesuai dengan standar protokol kesehatan COVID-19.

"Sebagai contoh seperti Istano Basa Pagaruyung, pastikan pengunjung mengikuti prosedur protokol kesehatan seperti mencuci tangan, pengunjung dan petugas wajib pakai masker, pemeriksaan suhu tubuh, dan untuk wisatawan mancanegara diharapkan kepada biro perjalanan harus dipastikan kesehatannya," katanya.

Ia mengharapkan untuk mematangkan persiapkan pada kenormalan baru tim gugus tugas penangan percepatan COVID-19 setempat untuk proaktif melakukan edukasi dan mensosialisasikan ditengah masyarakat.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Tanah Datar Abdul Hakim mengatakan jika pihaknya saat ini tengah mempersiapkan konsep protokol kesehatan untuk menyambut wisatawan di beberapa objek wisata yang dianggap siap menjalankannya.

Bagi objek wisata yang akan dibuka mesti menyediakan tempat cuci tangan, memperhatikan jaga jarak, dan wajib menggunakan masker bagi petugas dan pengunjung.

"Kalau objek wisata itu dianggap sudah mampu menjalankannya kita perbolehkan, tapi kalau belum siap tentu belum boleh dibuka," katanya.

Sementara juru bicara percepatan penanganan COVID-19 Tanah Datar Roza Mardiah mengatakan tidak ada penambahan kasus positif di daerah itu dan pasien sembuh sudah tujuh orang dari 11 kasus positif. Sementara tiga orang lainnya dirawat di rumah sakit rujukan dan satu orang meninggal.*