Solok Selatan salurkan BLT untuk 7.825 KK, diupayakan tuntas sebelum Lebaran

id Abdul Rahman,salurkan BLT ,solok selatan,berita solok selatan,solok selatan terkini,berita sumbar,sumbar terkini

Solok Selatan salurkan BLT untuk 7.825 KK, diupayakan tuntas sebelum Lebaran

Pelaksana Tugas Bupati Solok Selatan Abdul Rahman. (Antara/Erik ilfansyah)

Padang Aro, (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari dana desa kepada 7.825 kepala keluarga kurang mampu di daerah itu.

Pelaksana tugas Bupati Solok Selatan Abdul Rahman di Padang Aro, Selasa, mengatakan sampai hari ini sudah sembilan nagari yang menyalurkan BLT tersebut dan pada Rabu (20/9) besok direncanakan lima nagari lagi.

"Sebelum hari raya Idul Fitri penyaluran BLT melalui dana desa sudah selesai di 33 Nagari, sedangkan sisanya enam nagari lagi baru disalurkan setelah lebaran," ujarnya.

Total anggaran yang disediakan berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 35 Tahun 2020 adalah Rp14,084 miliar.

Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa/Nagari Solok Selatan Zulkarnaini menjelaskan, dari 39 nagari itu, terdapat 33 nagari yang diyakini tuntas penyaluran Dana Desa/Nagari sebelum Lebaran.

"33 Nagari akanselesai penyaluran BLT sebelum Lebaran, sedangkan enam nagari lagi masih dalam proses pengajuan dana desa Tahap II, karena dana Tahap I nagari tersebut sudah dibelanjakan," katanya.

Namun demikian pihaknya masih mengupayakan ke enam nagari ini bisa menyalurkan BLT sebelum Lebaran agar supaya lebih membantu masyarakat.

Bagi masyarakat yang tidakterkover melalui bantuan dari Pusat, Provinsi, Kabupaten dan Nagari maka pemerintah setempat sudah menyediakan sembako bagi mereka.

Kalau ada yang belum mendapat bantuan katanya, segera melaporkan diri dan akan diberikan sembako yang sudah disediakan di gudang Pemda.

Pihaknya saat ini juga masih membersihkan data penerima bantuan melalui APBD, sebab banyak ditemukan data ganda. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar