Persediaan sembako di Sumatera Selatan cukup hingga enam bulan

id Sembako, cukup, ramadhan

Persediaan sembako di Sumatera Selatan cukup hingga enam bulan

Sekda Sumsel Nasrun Umar (Dok Humas Pemprov)

Berdasarkan pantauan dan laporan terutama beras persediaan cukup untuk kebutuhan enam bulan
Palembang (ANTARA) - Sekretaris Daerah Sumatera Selatan (Sumsel) Nasrun Umar mengatakan, persediaan sembilan bahan pokok di Sumsel cukup hingga eman bulan ke depan sehingga masyarakat tidak perlu khawatir.

"Berdasarkan pantauan dan laporan terutama beras persediaan cukup untuk kebutuhan enam bulan. Selain itu saat ini sejumlah daerah sudah mulai panen," kata Sekda di Palembang, Rabu.

Menjelang Ramadhan dan Lebaran persediaan komoditi seperti jagung, dan beras cukup banyak sehingga ketahanan pangan tidak perlu diragukan, kecualibeberapa bahan pokok yang pemenuhan kebutuhannyaharus didatangkan dari luar daerah seperti bawang putih.

Saat ini pun di tengah merebaknya virus corona(COVID-19) harga bahan pokok di pasar masih stabil, tercermin dari hasil pantauan di 17 kabupaten dan kota.

"Selain itu pemantauan ke pasar tradisional, Bulog juga meningkatkan penyerapan hasil panen, operasi pasar toko tani dan memastikan produk lokal tetap terjaga," Nasrun.

Ia menjelaskan, ketersediaan bahan pokok di wilayah Sumsel itu telah dilaporkan ke Mendagri Jenderal Pol (Purn) Tito Karnaviansaat video conference nasional dalam rangka koordinasi kebutuhan daerah bidang perindustrian, perdagangan dan pangan dalam pencegahan penyebaran dan percepatan penanganan COVID-19.
Pewarta :
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar