LLDIKTI Wilayah X: Pelatihan Applied Approach tingkatkan kualitas pengajar PTS

id Berita padang, Padang terkini, berita Sumbar, LLDIKTI Wilayah X, pelatihan, kualitas dosen

LLDIKTI Wilayah X: Pelatihan Applied Approach tingkatkan kualitas pengajar PTS

Kepala LLDIKTI Wilayah X Prof Herri (Antara/Laila Syafarud)

Padang (ANTARA) - Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X Prof Herri mengatakan pelatihan Applied Approach (AA) dapat meningkatkan kualitas pengajar perguruan tinggi swasta (PTS) di wilayah itu.

"Sampai sekarang sudah lebih dari 40 persen dosen PTS yang mengikuti pelatihan Applied Approach," kata dia di Padang, Jumat.

Menurutnya pelatihan Applied Approach merupakan salah satu cara yang tepat untuk meningkatkan kualitas dosen sebagai tenaga pengajar.

"Pelatihan tersebut diberikan pada setiap tenaga pengajar berupa pengetahuan dasar tentang pengajaran, metode pembelajaran semester, metode penilaian, dan lainnya," kata dia.

Tidak hanya itu, ia juga mendorong dosen untuk melanjutkan studi, mengikuti pelatihan Bahasa Inggris, mengikuti bimbingan teknis penulisan karya ilmiah, penulisan proposal penelitian dan pengabdian masyarakat untuk meningkatkan kualitas dosen.

Menurut dia khusus di bidang pengajaran, dosen harus mampu secara profesional meningkatkan kualitas pendidikan tinggi itu sendiri.

"Tentunya dosen berperan penting dalam mencetak mahasiswa yang unggul dan mampu berdaya saing setelah mereka tamat kuliah nanti," kata dia.

Lebih lanjut ia mengatakan LLDIKTI Wilayah X merupakan perpanjangan tangan pemerintah untuk melayani beberapa PTS yang ada di empat provinsi.

Untuk itu ia meminta agar seluruh tenaga pendidik dan pegawai di LLDIKTI Wilayah X mampu menunjukkan etos kerja yang bagus sehingga dapat menghasilkan kinerja yang berkualitas.